Bu Ihsan adalah seorang guru di sebuah SMA. Ia terlalu sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk membayarkan pajak kendaraan bermotornya di kantor samsat

Sastrawacana.id

wakalah
wakalah (pexels)

Bu Ihsan adalah seorang guru di sebuah SMA. Ia terlalu sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk membayarkan pajak kendaraan bermotornya di kantor samsat. Kemudian ia memanfaatkan salah satu layanan koperasi syariah dan mempercayakan pembayaran pajak kendaraannya melalui koperasi syariah. Aktivitas yang dilakukan oleh Bu Ihsan ini disebut dengan?

A. kafalah
B. wakalah
C. wadi’ah
D. murabahah
E. musyarakah​

Jawaban:

B. wakalah

Pembahasan:

Wakalah merujuk pada pelimpahan wewenang atau mandat kepada seseorang atau suatu lembaga untuk melakukan sesuatu atas nama orang yang memberi mandat.

Dalam kasus ini, Bu Ihsan, seorang guru SMA yang penuh dedikasi, sering mendapati dirinya terbebani dengan kesibukan.

Di tengah jadwal mengajar yang padat dan berbagai tanggung jawab lainnya, ia merasa kesulitan untuk meluangkan waktu untuk mengurus pembayaran pajak kendaraan bermotornya di kantor SAMSAT.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan denda dan sanksi yang mungkin timbul akibat keterlambatan pembayaran.

Menyadari hal tersebut, Bu Ihsan mencari solusi yang cerdas dan aman untuk menyelesaikan kewajibannya.

Ia kemudian memutuskan untuk memanfaatkan layanan wakalah yang ditawarkan oleh salah satu koperasi syariah di daerahnya.

Melalui wakalah, Bu Ihsan memberikan kuasa kepada koperasi syariah untuk bertindak atas namanya dalam mengurus pembayaran pajak kendaraan bermotornya.

Koperasi syariah, yang terpercaya dan berpengalaman dalam menangani berbagai urusan keuangan, menyambut baik permintaan Bu Ihsan.

Mereka dengan sigap membantu Bu Ihsan mengumpulkan dokumen yang diperlukan, menghitung jumlah pajak yang harus dibayarkan, dan menyelesaikan proses pembayaran di kantor SAMSAT.

Dengan memanfaatkan wakalah, Bu Ihsan dapat menghemat waktu dan energi yang berharga.

Ia tidak perlu lagi khawatir terlambat membayar pajak kendaraan bermotornya, dan dapat fokus pada tugas utamanya sebagai pendidik.

Kepercayaan yang ia berikan kepada koperasi syariah terbayar dengan pelayanan yang profesional dan efisien.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia