Berita

Kia EV3 2025: Mobil Listrik Murah dan Jangkauan Jauh yang Dinanti?

Produsen mobil Kia baru saja memperkenalkan Kia EV3 2025 secara online.

Mobil listrik (EV) terbaru ini digadang-gadang sebagai kendaraan yang terjangkau dan memiliki jarak tempuh yang jauh, sesuatu yang selama ini dicari banyak orang.

Kia masih belum memberikan informasi detail mengenai harga, jarak tempuh menurut EPA (Environmental Protection Agency), dan performa pengisian daya untuk pasar Amerika Utara.

Namun, pabrikan mobil ini mengisyaratkan bahwa EV3 bisa menjadi kendaraan listrik yang ideal karena harganya terjangkau dan fiturnya lengkap.

Baca juga: Luminar Kirimkan Sensor Lidar ke Volvo, Siap Hadirkan Sensor Generasi Berikutnya

Lebih kecil dari Kia Niro EV

Bagi Anda yang mengikuti perkembangan mobil listrik, mungkin sudah familiar dengan Kia Niro EV. EV3 terbaru ini justru berukuran lebih kecil dari Niro EV.

Meski begitu, EV3 memiliki baterai berkapasitas lebih besar yang tersimpan di bagian bawah mobil.

Dimensi yang kecil membuat bobot EV3 diperkirakan lebih ringan. Artinya konsumsi listriknya lebih sedikit dan potensinya memiliki jarak tempuh lebih jauh.

Selain itu, desain EV3 yang mengkotak dinilai cukup aerodinamis dengan drag coefficient (Cd) hanya 0.263.

Penggerak roda depan dan bagasi depan kecil

EV3 dibangun di atas platform E-GMP khusus kendaraan listrik milik Hyundai.

Uniknya, EV3 menggunakan penggerak roda depan (FWD) sebagai standar, berbeda dengan mobil Hyundai/Kia/Genesis lain di platform yang sama yang umumnya menggunakan penggerak roda belakang (RWD) dengan opsi AWD (all-wheel drive).

Menurut Kia, penggunaan FWD ini bertujuan untuk memaksimalkan ruang kabin dan bagasi. Meski begitu, EV3 tetap menyediakan bagasi depan kecil (frunk) seperti Kia EV9, namun kapasitasnya tidak lebih besar dari Niro EV.

Pilihan baterai dan tenaga mesin

Kia menawarkan dua pilihan kapasitas baterai untuk EV3, yaitu 58.3 kWh (usable) dan 81.4 kWh. Kapasitas ini mirip dengan Hyundai IONIQ 5, sehingga potensinya membuat EV3 memiliki jarak tempuh yang kompetitif.

Semua varian EV3 menggunakan motor listrik tunggal di depan yang menghasilkan tenaga 150 kW (201 horsepower) dan torsi 208 lb-ft.

Kia EV3 2025 hadir dengan membawa harapan sebagai mobil listrik yang terjangkau dan memiliki jarak tempuh jauh.

Informasi detail mengenai spesifikasi dan harga resminya masih ditunggu, namun dengan bodinya yang kompak, aerodinamis, dan pilihan baterai yang besar, EV3 tampaknya berpotensi menjadi pilihan menarik di pasar mobil listrik.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)