Sastra

Amanda Peters dan Cherie Dimaline Raih Penghargaan Penulis Kejahatan Kanada 2024

Amanda Peters dan Cherie Dimaline termasuk di antara para pemenang Penghargaan Penulis Kejahatan Kanada 2024 untuk Keunggulan dalam Penulisan Kejahatan Kanada (Crime Writers of Canada Awards of Excellence in Canadian Crime Writing).

Penghargaan tahunan ini, yang dibuat oleh Crime Writers of Canada pada tahun 1984, bertujuan untuk mengangkat karya terbaik dalam fiksi misteri, kejahatan, suspense, dan non-fiksi kejahatan yang ditulis oleh penulis Kanada.

Baca juga: Kevin Kwan: Kaya itu ‘Asap dan Cermin’, Novel Barunya Ungkap Sisi Kelam Orang Super Kaya

Peters memenangkan penghargaan novel kejahatan pertama terbaik senilai $1.000 untuk karyanya “The Berry Pickers”.

Dalam “The Berry Pickers”, seorang gadis berusia empat tahun dari keluarga Mi’kmaq hilang di ladang blueberry Maine pada tahun 1960-an.

Hampir 50 tahun kemudian, Norma, seorang gadis muda dari keluarga kaya, bertekad untuk mengetahui apa yang disembunyikan orang tuanya darinya.

Sedikit demi sedikit, rahasia kedua keluarga yang saling terkait terurai.

“The Berry Pickers” memenangkan Medali Carnegie untuk Keunggulan 2024, menjadi finalis Penghargaan Fiksi Perwalian Penulis Atwood Gibson 2023, dan dinobatkan sebagai salah satu buku fiksi terbaik CBC Books tahun ini.

Peters adalah seorang penulis keturunan Mi’kmaq dan pemukim yang tinggal di Annapolis Valley, N.S.

Karyanya telah muncul di The Antigonish Review, Alaska Quarterly Review, dan The Dalhousie Review.

Ia juga memenangkan Penghargaan Suara Pribumi 2021 untuk Prosa yang Belum Diterbitkan dan merupakan peserta program Bintang Baru Writers’ Trust 2021.

“Funeral Songs for Dying Girls” karya Dimaline memenangkan hadiah sebesar $500 untuk kategori buku kejahatan remaja atau YA terbaik.

“Funeral Songs for Dying Girls” mengeksplorasi kesedihan dan hal-hal gaib. Winifred tinggal di apartemen di atas kantor Pemakaman Winterson bersama ayahnya sepanjang hidupnya.

Menjelang penutupan, rumor mulai menyebar bahwa pemakaman itu berhantu dan Winifred mulai mempertanyakan semua yang dia tahu tentang kehidupan, cinta, dan kematian.

Baca juga: Finalis dan Pemenang CBC Poetry Prize Terbitkan Buku Baru di 2024

Cherie Dimaline adalah penulis Métis terlaris yang terkenal dengan novel YA-nya “The Marrow Thieves”.

“The Marrow Thieves” dinobatkan sebagai salah satu dari 100 novel YA terbaik sepanjang masa oleh majalah Time dan didukung oleh Jully Black di Canada Reads 2018.

Buku-buku lainnya termasuk “VenCo”, “Red Rooms”, “The Girl Who Grew a Galaxy”, “A Gentle Habit”, dan “Empire of Wild”.

Nita Prose, Michael Lista, dan Joan Thomas adalah pemenang penting lainnya.

Prose memenangkan penghargaan Whodunit senilai $500 untuk misteri tradisional terbaik untuk “The Mystery Guest”, sekuel dari buku terlaris “The Maid”. “The Mystery Guest” menampilkan Molly yang kini naik pangkat menjadi Kepala Pembantu di Regency Grand Hotel bintang lima.

Segalanya tampak hebat sampai penulis misteri terkenal dunia J.D. Grimthorpe tewas di hotel.

Molly harus melihat jauh ke masa lalunya untuk membuka petunjuk yang mengungkapkan hubungannya dengan Grimthorpe dan memecahkan pembunuhannya.

Prose adalah seorang penulis dan editor Toronto. Dia sebelumnya adalah wakil presiden Kanada dan direktur editorial untuk perusahaan penerbitan Simon & Schuster.

Lista memenangkan penghargaan Brass Knuckles senilai $300 untuk buku kejahatan non-fiksi terbaik untuk “The Human Scale”.

Baca juga: Penulis St. John’s, Maggie Burton, Menangkan Penghargaan Puisi Kanada $10.000 untuk Koleksi Puisi Debutnya

“The Human Scale” adalah pandangan langsung ke pelaporan kejahatan investigasi – proses penulisan, penelitian yang berorientasi pada detail, dan dampak dari publikasi.

Lista adalah penyair dan jurnalis yang tinggal di Toronto, yang karyanya telah muncul di The New Yorker, The Atlantic, Slate, The Walrus, dan Toronto Life.

Dia adalah penulis beberapa buku puisi dan kumpulan esai. Lista adalah pemenang Medali Emas National Magazine Award 2020 untuk Pelaporan Investigasi dan Penulisan Fitur Bentuk Panjang. Ceritanya, “The Sting”, sedang diadaptasi menjadi serial televisi untuk Apple TV+.

Thomas memenangkan Penghargaan Howard Engel senilai $500 untuk novel kejahatan terbaik yang berlatar di Kanada untuk bukunya “Wild Hope”.

Thomas adalah penulis lima novel. Novel pertamanya, “Reading by Lightning”, memenangkan Commonwealth Prize untuk Buku Pertama Terbaik (Kanada dan Karibia) dan Amazon First Novel Award.

Novelnya “The Opening Sky” menjadi finalis Penghargaan Sastra Gubernur Jenderal untuk fiksi pada tahun 2014 dan dianugerahi Penghargaan Engel/Findley oleh Writers Trust of Canada. Novelnya “Five Wives” memenangkan Penghargaan Sastra Gubernur Jenderal 2019 untuk fiksi.

Daftar lengkap pemenang adalah sebagai berikut:

  • Penghargaan Peter Robinson untuk novel kejahatan terbaik: “The Maid’s Diary” oleh Loreth Anne White
  • Novel kejahatan pertama terbaik: “The Berry Pickers” oleh Amanda Peters
  • Penghargaan Howard Engel untuk novel kejahatan terbaik yang berlatar di Kanada: “Wild Hope” oleh Joan Thomas
  • Penghargaan Whodunit untuk misteri tradisional terbaik: “The Mystery Guest” oleh Nita Prose
  • Cerita pendek kejahatan terbaik: “Reversion” oleh Marcelle Dubén
  • Buku kejahatan Prancis terbaik (fiksi dan non-fiksi): “La sainte paix” oleh André Marois
  • Buku kejahatan remaja atau YA terbaik: “Funeral Songs for Dying Girls” oleh Cherie Dimaline
  • Penghargaan Brass Knuckles untuk buku kejahatan non-fiksi terbaik: “The Human Scale” oleh Michael Lista
  • Manuskrip yang belum diterbitkan terbaik: “Requiem for a Lotus” oleh Craig H. Bowlsby

Penghargaan Penulis Kejahatan Kanada 2024 merayakan karya luar biasa dari para penulis Kanada di genre kejahatan.

Para pemenang mewakili berbagai gaya dan subgenre, dari novel tradisional hingga fiksi YA dan non-fiksi.

Karya mereka menunjukkan bakat dan kreativitas para penulis Kanada, dan mereka pasti akan menghibur dan memikat pembaca selama bertahun-tahun yang akan datang.

Sumber: CBC

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)