Sastra
Trending

Penulis St. John’s, Maggie Burton, Menangkan Penghargaan Puisi Kanada $10.000 untuk Koleksi Puisi Debutnya

Penulis yang berbasis di St. John’s, Maggie Burton, memenangkan Penghargaan Buku Pertama Kanada senilai $10.000 untuk koleksi puisi debutnya “Chores”.

Kemenangan ini juga memberinya kesempatan residensi penulis selama enam minggu di Italia, bermitra dengan Civitella Ranieri Foundation.

Merayakan tahun keduanya, penghargaan ini mengakui buku puisi pertama Kanada yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Baca juga: OpenAI Luncurkan ChatGPT Edu: Revolusi Kecerdasan Buatan dalam Dunia Pendidikan

Penghargaan ini didirikan oleh Griffin Poetry Prize yang diperbaharui sebagai bagian dari perayaan ulang tahun mereka yang ke-20.

“Chores” adalah kumpulan semi-autobiografi tentang pekerjaan perempuan dan kehidupan rumah tangga di Newfoundland.

Bermain dengan bentuk penulisan, termasuk puisi yang berbentuk seperti kartu bingo nenek, “Chores” memeriksa kehidupan sehari-hari dengan humor, bahasa langsung, dan perspektif feminis.

Burton, seorang anggota dewan kota St. John’s, penulis, seniman, musisi, dan penyair yang berasal dari Brigus, N.L., mengetahui kemenangan penghargaan ini pada hari ulang tahunnya.

“Hadiah ulang tahun terbaik yang pernah saya dapatkan,” katanya kepada CBC Books dalam sebuah wawancara.

Dia sangat senang bahwa “Chores”, yang berpusat pada beban perempuan yang melakukan pekerjaan rumah tangga yang tidak dibayar dan berbasis gender, menyoroti masalah yang tidak selalu mendapat perhatian yang layak.

“Melihat topik ini diakui sebagai topik penting sangatlah penting,” katanya. “Ini hal yang sangat baik bagi perempuan dan orang-orang dengan gender yang beragam yang melakukan pekerjaan ini.”

Dia juga senang melihat karya ini, yang dijalankan oleh generasi perempuan dalam keluarganya, diakui dan dibaca.

“Saya tumbuh sangat dekat dengan semua nenek dan kakek buyut saya serta keluarga besar perempuan. Saya merasa sebagian besar cerita mereka belum terungkap.”

“Saya sangat bersyukur atas kesempatan ini, sebagai wanita Newfoundland, untuk membuat cerita kami didengar di panggung nasional dan oleh audiens nasional.”

Pemenang dipilih oleh juri A.F. Moritz, Jan Wagner, dan Anne Waldman dari 43 entri yang masuk.

“‘Chores’ karya Maggie Burton menawan dan mendalam, tradisional dan inventif,” kata juri dalam pernyataan pers.

“Kombinasi kualitasnya tampak mudah tetapi tidak hanya buah bawaan dari visi tetapi juga hasil dari desain puisi yang terampil. Kesadaran buku yang terperinci dan intim dengan indah membangkitkan Newfoundland dan meluas ke momen budaya kita di seluruh dunia.”

Didirikan pada tahun 2000 oleh pengusaha dan filantropis Kanada Scott Griffin, Griffin Poetry Prize sebelumnya memberikan penghargaan sebesar $65.000 untuk dua karya puisi berbahasa Inggris dari tahun sebelumnya – satu Kanada dan satu internasional.

Pada tahun 2023, Griffin Poetry Prize menggabungkan kategori Kanada dan internasional yang ada menjadi penghargaan tunggal senilai $130.000.

Saat ini, penghargaan ini merupakan penghargaan internasional terbesar di dunia untuk satu buku puisi yang ditulis dalam atau diterjemahkan ke bahasa Inggris.

Pemenang tahun 2024 akan diumumkan pada 5 Juni di Koerner Hall di Toronto, menampilkan pembacaan dari para finalis sebelum pengumuman besar – termasuk satu oleh Burton sebagai pemenang Penghargaan Buku Pertama Kanada.

ahun lalu, penulis Nêhiyaw, Emily Riddle memenangkan Penghargaan Buku Pertama Kanada yang pertama untuk koleksi puisi debutnya “The Big Melt”.

Sumber: CBC

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)