Handphone dapat diaktifkan karena mendapatkan arus listrik dari baterai. Baterai handphone menghasilkan arus listrik?

Handphone dapat diaktifkan karena mendapatkan arus listrik dari baterai. Baterai handphone menghasilkan arus listrik?

a. Campuran
b. AC atau DC
c. AC
d. CB

Jawaban:

​b. AC atau DC

Baca juga: Komponen pada sistem kelistrikan yang berfungsi untuk pengaman rangkaian saat terjadi hubungan pendek adalah?

Pembahasan:

Baterai handphone dapat menghasilkan arus listrik AC (Alternating Current) atau DC (Direct Current), tergantung pada jenis baterainya.

  • Baterai Li-Ion (Lithium-Ion) yang umum digunakan pada handphone modern menghasilkan arus listrik DC. Artinya, arus listrik mengalir dalam satu arah dengan tegangan konstan.
  • Baterai Ni-MH (Nickel-Metal Hydride), yang lebih jarang digunakan, dapat menghasilkan arus listrik AC atau DC, tergantung pada desain baterainya.

Berikut beberapa penjelasan tambahan:

  • Arus listrik AC adalah arus listrik yang arahnya berubah-ubah secara periodik. Artinya, arus listrik mengalir bolak-balik.
  • Arus listrik DC adalah arus listrik yang arahnya konstan. Artinya, arus listrik mengalir dalam satu arah.
  • Baterai handphone menggunakan reaksi kimia untuk menghasilkan arus listrik. Reaksi kimia ini menghasilkan elektron yang bergerak, yang kemudian mengalir melalui kabel dan komponen elektronik di dalam handphone.
  • Jenis arus listrik yang dihasilkan oleh baterai handphone penting untuk dipertimbangkan karena beberapa komponen elektronik hanya dapat bekerja dengan arus listrik AC atau DC.
Previous Post Next Post