Jelaskan secara singkat apa yang dilakukan dan dipelajari oleh calon guru penggerak pada lokakarya calon guru penggerak?

Lokakarya Calon Guru Penggerak (CGP) merupakan bagian penting dari Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) yang dirancang untuk membekali calon pemimpin pembelajaran masa depan dengan pengetahuan, keterampilan, dan mindest yang diperlukan untuk membawa perubahan positif di sekolah dan komunitasnya.

Selain itu, lokakarya calon guru penggerak juga menjadi program pelatihan untuk calon guru yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, inovasi, dan kemampuan untuk memimpin perubahan di sekolah.

Para peserta mempelajari strategi pengajaran yang efektif, manajemen kelas, pemahaman tentang kurikulum, dan cara berkolaborasi dengan berbagai pihak di sekolah dan masyarakat.

Mereka juga memperoleh pengetahuan tentang bagaimana menggunakan teknologi dalam pembelajaran dan cara meningkatkan motivasi siswa.

Baca juga: Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi cgp

Tujuan utama lokakarya:

  • Mengembangkan pemahaman CGP tentang filosofi dan nilai-nilai Guru Penggerak
  • Memperkuat kepemimpinan pembelajaran CGP
  • Memperkaya kemampuan CGP dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada murid
  • Membangun komunitas praktisi yang kolaboratif dan suportif

CGP akan mengikuti berbagai kegiatan:

  • Sesi diskusi dan presentasi untuk mendalami konsep-konsep kunci kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi inovatif
  • Simulasi dan praktik untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari
  • Kegiatan kolaboratif untuk membangun komunitas praktisi dan mengembangkan rencana aksi bersama
  • Pendampingan oleh Pengajar Praktik (PP) untuk mendapatkan bimbingan dan dukungan selama proses belajar

Beberapa materi utama yang dipelajari dalam lokakarya:

  • Mindset pemimpin pembelajaran: CGP belajar tentang karakteristik dan peran pemimpin pembelajaran yang efektif dalam mendorong perubahan positif di sekolah.
  • Pembelajaran berdiferensiasi: CGP mempelajari strategi untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar setiap murid.
  • Pembelajaran sosial dan emosional: CGP mempelajari cara untuk membantu murid mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang penting untuk kesuksesan mereka.
  • Kepemimpinan kolaboratif: CGP belajar tentang cara untuk bekerja sama secara efektif dengan pemangku kepentingan sekolah, seperti kepala sekolah, guru, orang tua, dan murid.
  • Akselerasi pembelajaran: CGP mempelajari strategi untuk membantu murid yang tertinggal dan mempercepat kemajuan belajar mereka.

Lokakarya Calon Guru Penggerak merupakan proses belajar yang berkelanjutan dan transformatif.

CGP diharapkan dapat menerapkan apa yang telah mereka pelajari di lokakarya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah mereka dan membawa dampak positif bagi komunitas pendidikan.

Previous Post Next Post