Pemanasan global adalah peristiwa meningkatnya suhu bumi yang mengakibatkan perubahan seperti?

Pemanasan global adalah peristiwa meningkatnya suhu bumi yang mengakibatkan perubahan, seperti…

a. naiknya permukaan air laut
b. daun menjadi layu
c. tanaman tidak tumbuh
d. suhu meningkat
e. kebakaran hutan

Jawaban:

a. naiknya permukaan air laut

Pembahasan:

Pemanasan global adalah peristiwa meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi yang disebabkan oleh peningkatan konsentrasi gas-gas rumah kaca di atmosfer.

Pemanasan global menyebabkan es di kutub dan gletser mencair, serta menyebabkan ekspansi termal air laut, yang semuanya berkontribusi pada kenaikan permukaan air laut.

Hal ini adalah salah satu dampak utama dari meningkatnya suhu bumi akibat pemanasan global.

Baca juga: 6 Pengaruh Gas Rumah Kaca Terhadap Pemanasan Global

Berikut adalah beberapa dampak lain yang terkait dengan pemanasan global:

1. Perubahan Pola Cuaca

Pemanasan global menyebabkan perubahan pola cuaca, termasuk peningkatan frekuensi dan intensitas badai, gelombang panas, dan curah hujan yang ekstrem. Akibatnya, banjir atau kekeringan yang lebih sering dan parah di berbagai wilayah.

2. Kehilangan Habitat dan Keanekaragaman Hayati

Kenaikan suhu mengancam habitat alami banyak spesies. Spesies yang tidak dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan ini mungkin menghadapi risiko kepunahan. Misalnya terumbu karang terancam oleh peningkatan suhu air dan pengasaman laut.

Baca juga: 7 Cara Mengurangi Pemanasan Global yang Bisa Diterapkan Sehari-Hari

3. Gangguan pada Ekosistem Laut

Selain naiknya permukaan laut, pemanasan global juga menyebabkan pengasaman laut akibat peningkatan konsentrasi karbon dioksida di atmosfer. Sehingga dapat merusak kehidupan laut, termasuk plankton, kerang, dan ikan.

4. Dampak pada Pertanian

Pemanasan global mempengaruhi pola tanam dan produksi pangan. Beberapa daerah mungkin mengalami peningkatan hasil panen, sementara yang lain menghadapi penurunan produksi karena perubahan iklim yang tidak menentu dan lebih ekstrem.

5. Dampak Kesehatan

Pemanasan global meningkatkan risiko penyakit yang disebarkan oleh vektor seperti nyamuk (misalnya, malaria dan dengue), serta meningkatkan risiko penyakit yang terkait dengan panas dan kualitas udara yang buruk.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Global Warming dalam Kehidupan Sehari-Hari

6. Dampak Sosial dan Ekonomi

Perubahan iklim dapat menyebabkan migrasi paksa, konflik sumber daya, dan ketidakstabilan ekonomi. Wilayah pesisir yang padat penduduknya mungkin harus menghadapi pemindahan besar-besaran karena kenaikan permukaan laut.

7. Perubahan Ekosistem Daratan

Pemanasan global menyebabkan perubahan ekosistem daratan, termasuk perubahan dalam distribusi spesies tumbuhan dan hewan. Ini dapat mengganggu hubungan simbiosis dan keseimbangan ekosistem.

Previous Post Next Post