Perhatikan salah satu hasil asesmen diagnostik siswa kelas 4 pada mata pelajaran matematika berikut

Perhatikan salah satu hasil asesmen diagnostik siswa kelas 4 pada mata pelajaran matematika berikut.

Sebagian besar pemahaman murid tentang satuan panjang dan berat belum memadai. Manakah bentuk tindak-lanjut dalam hal strategi pembelajaran yang sesuai terkait hasil asesmen tersebut?

A. Mengubah strategi belajar yang sudah dilakukan, antara lain dengan mengganti alat bantu mengajar dan mengantarkan materi lewat cara yang lain.

B. Mengubah teknik asesmen.

C. Tetap melanjutkan pembelajaran. Murid-murid yang kemampuannya sudah memadai berperan sebagai tutor teman sebaya.

D. Merancang program pembelajaran kontekstual. Pemahaman dan penerapan konsep pengukuran berat dan panjang dilakukan dalam kegiatan memasak dan membuat kemasan makanan, disertai diferensiasi kebutuhan para murid.

Jawaban:

A. Mengubah strategi belajar yang sudah dilakukan, antara lain dengan mengganti alat bantu mengajar dan mengantarkan materi lewat cara yang lain.

Baca juga: Berikut ini adalah pernyataan yang tidak tepat dari kompetensi literasi pada aspek pembelajaran dan asesmen literasi dari guru tahap cakap, yaitu?

Pembahasan:

Mengubah strategi pembelajaran dengan mengganti alat bantu mengajar dan metode penyampaian materi dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Pendekatan Berbeda

Menggunakan berbagai alat bantu (seperti alat peraga fisik, visual, atau teknologi) dan metode (seperti pembelajaran berbasis proyek atau permainan edukatif) dapat membantu siswa memahami konsep dengan cara yang lebih sesuai dengan gaya belajar mereka.

2. Interaksi dan Keterlibatan

Mengganti metode penyampaian materi bisa membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif, yang akan meningkatkan keterlibatan siswa.

Misalnya, menggunakan simulasi atau alat peraga nyata bisa membuat siswa lebih mudah memahami konsep abstrak seperti panjang dan berat.

3. Penyesuaian dengan Tingkat Pemahaman

Mengubah strategi pembelajaran memungkinkan guru menyesuaikan materi dengan tingkat pemahaman siswa saat ini, memberikan penjelasan yang lebih sederhana dan konkret jika diperlukan.

4. Mengatasi Kebosanan dan Meningkatkan Motivasi

Variasi dalam metode pembelajaran dapat mengurangi kebosanan dan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar, karena mereka akan menghadapi tantangan baru yang lebih menarik.

Previous Post Next Post