Saat kelas 2 SD, Kana sangat kagum ketika melihat teman kelasnya membuat prakarya dari batang korek api

Saat kelas 2 SD, Kana sangat kagum ketika melihat teman kelasnya membuat prakarya dari batang korek api.

Menurut Kana, apa yang dibuat oleh temannya sangat kreatif dan baru. Namun, bagi Pak Amar, seorang guru seni, prakarya tersebut tidaklah baru karena merupakan bahan materi ajar untuk peserta didik kelas 3 SD.

Ilustrasi di atas menunjukkan prinsip orisinalitas yang bersifat relatif, yaitu…

A. Sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti menjadi hal yang tidak biasa bagi orang lain.

B. Sesuatu yang baru bagi seseorang bisa jadi sudah menjadi hal yang biasa bagi orang lain.

C. Sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti menjadi hal yang biasa bagi orang lain.

D. Sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti baru bagi orang lain.

Jawaban:

B. Sesuatu yang baru bagi seseorang bisa jadi sudah menjadi hal yang biasa bagi orang lain.

Pembahasan:

Jawaban ini tepat karena menunjukkan bahwa apa yang dianggap kreatif dan baru oleh Kana (seorang murid kelas 2 SD) mungkin tidak baru bagi Pak Amar (seorang guru seni yang sudah familiar dengan prakarya tersebut sebagai materi ajar untuk kelas 3 SD).

Orisinalitas dan kebaruan suatu ide atau karya dapat bervariasi tergantung pada pengalaman dan pengetahuan individu.

Prinsip orisinalitas yang bersifat relatif menekankan bahwa persepsi tentang kebaruan atau kreativitas sebuah ide atau karya sangat subjektif dan tergantung pada latar belakang dan pengalaman masing-masing individu.

Dalam ilustrasi tersebut, prakarya dari batang korek api dianggap sangat kreatif dan baru oleh Kana karena dia belum pernah melihatnya sebelumnya dan berada pada tahap perkembangan kognitif di mana karya tersebut benar-benar inovatif baginya.

Namun, bagi Pak Amar, yang sudah berpengalaman dan mengetahui bahwa prakarya tersebut adalah bagian dari kurikulum kelas 3, karya itu tidak lagi terlihat baru atau inovatif.

Previous Post Next Post