Pendidikan

Gina adalah seorang murid yang sangat pintar di kelasnya

Gina adalah seorang murid yang sangat pintar di kelasnya. Namun akhir-akhir ini dia terlihat selalu menyendiri jika berada di kelas. Dia mengerjakan tugas kelompok sendiri tanpa melibatkan anggota kelompok yang lain. Sebenarnya ia mau bergabung namun anggota kelompok yang lain hanya ngobrol dan main hp sehingga ia merasa lebih baik bekerja sendiri. Sesuai dengan kasus tersebut, manakah pertanyaan yang menggali potensi coachee adalah?

a. Bagaimana perasaanmu, ketika anggota kelompok yang lain ngobrol saat mengerjakan tugas kelompok?

b. Apakah kamu sudah menegur anggota kelompok yang ngobrol dan main HP?

c. Mengapa kamu tidak menegur langsung anggota kelompok yang ngobrol atau main HP?

d. Apa hal-hal yang sudah kamu lakukan selama ini supaya kamu tidak bekerja sendiri?

e. Bagaimana jika kamu menegur langsung teman yang ngobrol atau main HP?

Jawaban:

d. Apa hal-hal yang sudah kamu lakukan selama ini supaya kamu tidak bekerja sendiri?

Pembahasan:

Gina, seorang murid yang cerdas di kelasnya, akhir-akhir ini terlihat selalu menyendiri dan mengerjakan tugas kelompoknya sendiri.

Meskipun dia ingin bergabung dengan kelompoknya, dia merasa frustrasi karena anggota lain hanya mengobrol dan bermain HP.

Pertanyaan terbaik untuk menggali potensi Gina sebagai coachee adalah:

d. Apa hal-hal yang sudah kamu lakukan selama ini supaya kamu tidak bekerja sendiri?

Pertanyaan ini mendorong Gina untuk:

  • Merefleksikan Upaya: Berbagi langkah-langkah yang telah dia ambil untuk mengatasi masalah, seperti mencoba memulai diskusi, mengusulkan pembagian tugas, atau mencari bantuan dari guru.
  • Menjelajahi Alternatif: Bertukar pikiran tentang strategi lain, seperti menetapkan ekspektasi kelompok yang jelas, mengusulkan teknik manajemen waktu, atau mencari mediasi dari pihak ketiga yang netral.
  • Mengembangkan Rencana Aksi: Bekerja sama dengan coach untuk membuat rencana tindakan yang dapat diimplementasikan, termasuk langkah-langkah spesifik, tenggat waktu, dan potensi tantangan.
  • Memantau Kemajuan: Mendapatkan dukungan dan bimbingan berkelanjutan dari coach saat Gina menerapkan rencananya, menawarkan dorongan, umpan balik, dan penyesuaian sesuai kebutuhan.

 

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)