Pendidikan

Pembelajaran Sosial dan Emosional bagi siswa merupakan pembelajaran secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah

Pembelajaran Sosial dan Emosional bagi siswa merupakan pembelajaran secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah yang memungkinkan siswa untuk memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional agar memiliki kompetensi berikut ini, kecuali?

a. Membuat keputusan yang bertanggung jawab
b. Membangun dan mempertahankan hubungan yang positif
c. Menetapkan dan mencapai tujuan belajarnya
d. Memahami, menghayati, dan mengelola emosi
e. Merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain

Jawaban:

c. Menetapkan dan mencapai tujuan belajarnya

Pembahasan:

Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) lebih fokus pada aspek sosial dan emosional siswa serta pengembangan keterampilan interpersonal dan intrapersonal, bukan pada penentuan atau pencapaian tujuan belajar mereka.

Namun, mencapai tujuan belajar bisa menjadi hasil dari PSE yang baik, tetapi bukan fokus utamanya.

Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) bertujuan untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial, emosional, dan kepribadian yang penting untuk kesuksesan pribadi, akademik, dan profesional mereka.

Melalui PSE, siswa belajar untuk memahami dan mengelola emosi mereka, berkomunikasi secara efektif, membangun hubungan yang sehat, serta mengembangkan empati dan tanggung jawab sosial.

Penetapan dan pencapaian tujuan belajar lebih merupakan bagian dari proses pembelajaran secara umum, yang melibatkan berbagai aspek, termasuk kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Meskipun PSE dapat memberikan landasan yang kuat bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan akademik dan mencapai tujuan belajar mereka, fokus utama dari PSE adalah pada pengembangan keterampilan sosial dan emosional.

Namun demikian, penting untuk dicatat bahwa pengembangan PSE yang efektif juga dapat membantu siswa dalam menetapkan dan mencapai tujuan belajar mereka.

Misalnya, siswa yang dapat mengelola emosinya dengan baik cenderung lebih fokus dan efektif dalam belajar. Begitu pula, siswa yang memiliki hubungan yang baik dengan rekan-rekan mereka cenderung lebih terlibat dalam proses belajar dan mencapai hasil yang lebih baik.

Dengan demikian, sementara menetapkan dan mencapai tujuan belajar mungkin bukan fokus langsung dari PSE, pengembangan keterampilan sosial dan emosional melalui PSE dapat secara tidak langsung mendukung pencapaian tujuan belajar siswa.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)