Akademis

Penguatan untuk menguasai karakteristik peserta didik dari aspek sosial, kultural emosional, serta menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, arif, dan dewasa bagi guru termasuk kompetensi?

Penguatan untuk menguasai karakteristik peserta didik dari aspek sosial, kultural emosional, serta menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, arif, dan dewasa bagi guru termasuk kompetensi?

A. Pedagogik dan kepribadian

B. Pedagogik, kepribadian, dan sosial

C. Pedagogik dan sosial

D. Kepribadian dan sosial

E. Kepribadian, sosial, dan profesional

Jawaban:

B. Pedagogik, kepribadian, dan sosial

Pembahasan:

Kompetensi yang mencakup penguatan untuk menguasai karakteristik peserta didik dari aspek sosial, kultural, dan emosional, serta menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, arif, dan dewasa bagi guru melibatkan tidak hanya aspek sosial dan kepribadian, tetapi juga aspek pedagogik.

Hal ini mencakup pemahaman dan penerapan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan sosial dan emosional peserta didik, serta kemampuan untuk menjadi panutan yang baik dalam konteks pendidikan.

Kompetensi yang mencakup aspek pedagogik, kepribadian, dan sosial sangat penting bagi seorang guru.

Berikut adalah beberapa poin penting yang menjelaskan mengapa ketiga aspek ini harus dikuasai oleh seorang guru:

1. Pedagogik

Kompetensi pedagogik mencakup pemahaman tentang proses belajar-mengajar, pemilihan metode dan strategi pengajaran yang efektif, serta kemampuan untuk merancang dan mengimplementasikan rencana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Hal ini mencakup aspek teknis pengajaran seperti penyampaian materi pelajaran, evaluasi hasil belajar, dan adaptasi pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa.

2. Kepribadian

Kompetensi kepribadian mencakup pengembangan diri sebagai individu yang stabil, arif, dan dewasa. Seorang guru yang memiliki kepribadian yang kuat dan positif akan menjadi panutan bagi peserta didiknya.

Hal ini melibatkan aspek-aspek seperti integritas, keteladanan, empati, keberanian, dan kemampuan untuk mengelola emosi dengan baik.

3. Sosial

Kompetensi sosial mencakup kemampuan untuk membentuk hubungan yang positif dan membangun ikatan yang kuat dengan peserta didik, sesama guru, orang tua, dan masyarakat secara umum.

Seorang guru harus dapat berkomunikasi secara efektif, mengelola konflik, bekerja sama dalam tim, dan memahami serta menghargai keragaman budaya dan latar belakang peserta didiknya.

Dengan menguasai ketiga kompetensi ini secara seimbang, seorang guru dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang berharga dan mendukung bagi peserta didiknya, tidak hanya dalam hal akademik tetapi juga dalam pengembangan sosial, emosional, dan kepribadian mereka.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)