Festival Sastra Banyuwangi 2024 Digelar, Simak Perlombaan dan Rentetan Acaranya

Festival Sastra Banyuwangi 2024 yang mengusung tema “Banyuwangi Bersastra Menggali Potensi Merajut Harmoni” diisi dengan berbagai macam perlombaan literasi bagi siswa SMP/sederajat se-Kabuptan Banyuwangi.

Adapun beberapa lomba yang diadakan seperti lomba Cipta Puisi Bahasa Indonesia, Cipta Puisi Bahasa Using (khusus guru), Baca Puisi (Bahasa Indonesia dan Using), Cipta Pentigraf, Cipta Geguritan, Cipta Cerpen, hingga Story Telling (Bahasa Inggris).

Dalam rangka menyukseskan Festival Sastra 2024, Dinas Pendidikan dan segenap panitia melakukan technical meeting via Zoom, Rabu (17/7/2023) untuk membagikan informasi dan teknis perlombaan kepada para peserta.

Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Kabid Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Didik Eko Wahyudi menyampaikan beberapa pesan kepada panitia penyelenggara, terutama soal netralitas juri.

Dalam techninal meeting yang dipandu oleh Yeti Chotimah, Didik memberi pesan agar juri yang dipilih dalam perlombaan ini memiliki kompetensi serta tidak ada kepentingan apapun hingga dapat memberi nilai secara objektif.

“Juri harus benar-benar kompeten dan tidak berpihak,” ucapnya.

Selain membahas juri, panitia juga membagikan informasi terkait rentetan acara dan disiplin yang harus dipatuhi oleh setiap peserta.

Salah satu hal penting yang patut diingat peserta adalah karya harus original, tidak mengandung unsur pornografi dan menyinggung SARA.

Peserta yang sudah mengirim karyanya via Google Meet dan Youtube akan dikurasi dan dijuri pada tanggal 20-21 Juli 2024.

Nantinya, akan ada 50 finalis yang dinyatakan lolos oleh panitia melalui grup WhatsApp Festival Sastra 2024, sehingga setiap perwakilan sekolah diimbau menyimak informasi yang disebar melalui grup.

Kemudian, 50 finalis tersebut akan tampil di babak final pada tanggal 23 Juli 2024 di di SMPN 2 Gambiran.

Sehari setelahnya, pada tanggal 25 Juli 2024 para pemenang akan diumumkan oleh panitia pada acara Awarding Festival Sastra 2024 yang akan digelar di RTH Maron Genteng.

Kejuaraan akan diambil juara 1, 2, 3, harapan 1, dan harapan 2. Setiap pemenang (kecuali Cipta Puisi Bahasa Using bagi guru) akan mendapat tropi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan panitia penyelenggara Festival Sastra 2024. **

Previous Post Next Post