Ratusan Finalis Festival Sastra Banyuwangi 2024 Tampil Memukau di SMPN 2 Gambiran

Para finalis Festival Sastra Kabupaten Banyuwangi 2024 yang berhasil lolos seleksi dihadirkan untuk penilaian secara langsung pada Selasa, 23 Juli 2024 di SMPN 2 Gambiran.

Sebelumnya, sekira 700 siswa SMP se-Kabupaten Banyuwangi mengikuti seleksi berbagai perlombaan Festival Sastra 2024 yang dilangsungkan sejak tanggal 8 Juli 2024 hingga 20 Juli 2024.

Kemudian, panitia beserta segenap juri menyeleksi karya serta penampilan siswa yang diunggah melalui Google Meet dan Youtube untuk mencari 50 finalis dari masing-masing cabang lomba.

Baca juga: Grand Opening Taman Baca Al Djawahir Hadirkan Bakti Sosial Sedulur Terapis Blambangan

Barulah, masing-masing finalis tersebut diberi undangan untuk tampil secara langsung pada tanggal 23 Juli 2024 di SMPN 2 Gambiran.

Sebelum perlombaan para finalis dilangsungkan, semuanya dikumpulkan di aula untuk mendapat arahan serta motivasi dari panitia, termasuk dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi.

Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Kabid Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Didik Eko Wahyudi memberi apresiasi kepada para peserta yang berhasil lolos menjadi finalis.

Ia berpesan agar para finalis tetap semangat dalam berkarya untuk memajukan bangsa, khususnya Kabupaten Banyuwangi.

Setelah sambutan dan diberi informasi terkait teknis lomba, para peserta kemudian memasuki ruangan masing-masing sesuai dengan cabang lomba yang diikuti.

Sebelum masuk ke ruangan, para finalis melakukan pendaftaran ulang dan mendapatkan kaos yang bisa digunakan saat tampil di depan dewan juri.

Kemudian, dari 50 finalis masing-masing cabang perlombaan tersebut, dipilih 5 terbaik (juara 1, 2, 3, harapan 1, harapan 2) untuk tampil di Awarding Festival Sastra 2024.

finalis festival sastra banyuwangi 2024
finalis festival sastra banyuwangi 2024 (Dok. Sastrawacana.id)

Salah satu juri dalam Festival Sastra 2024, Bung Aguk menyampaikan bahwa para finalis memang peserta yang terpilih sehingga tampil cukup memukau.

“Penampilan para finalis bagus-bagus, memukau, kami bangga,” ujarnya.

Tak sampai di situ, Bung Aguk juga sedikit memberi nasihat dan berbagi pengalamannya dalam dunia literasi sebagai bekal untuk para peserta.

Menurut jadwal awal, Awarding Festival Sastra 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 25 Juli 2024 di RTH Maron Genteng.

Namun, menurut informasi yang disebar oleh panitia, acara Awarding ditunda pekan depan dan para peserta diharap menunggu informasi selanjutnya. **

Previous Post Next Post