Workshop Bertajuk Basic Grooming & Etiquette dari ASR Sukses Digelar di Banyuwangi

Sastrawacana.id – ASR Academy sukses menggelar workshop bertajuk “Basic Grooming & Etiquette” pada Sabtu,(13/7/2024), di Rumah Makan Daipoeng, Blimbingsari, Banyuwangi.

Acara yang bertajuk “Basic Grooming & Etiquette” itu diisi dengan segudang materi yang membuat para peserta lebih mengenali potensi yang dimiliki.

Agung Sri Rachmawati, S.Psi., CPT, CHt, sebagai pemateri sukses membakar semangat para peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam materinya, wanita yang kerap disapa Bunda Agung tersebut membagikan berbagai pengetahuan serta pengalamannya untuk membentuk personal branding.

Menurutnya, personal branding adalah sesuatu yang dapat diciptakan. Sebab, karakter bawaan hanya berpengaruh pada 30 persen dari penampilan seseorang, sisanya yang 70 persen adalah diciptakan.

“Personal branding bisa diciptakan, 30 persen karakter bawaan, 70 persen diciptakan,” tegasnya.

Jadi, ia menuturkan bahwa karakter seseorang tidak selalu menentukan personal branding mengingat porsinya cukup sedikit daripada yang diciptakan.

Kemudian, Bunda Agung juga memberi pengetahuan kepada peserta tentang bagaimana mengenali senyum ikhlas dari orang lain.

Dari hasil studi dan pengalaman yang dimiliki, ia menuturkan ada empat ciri-ciri orang tersenyum ikhlas, diantaranya:

  1. Ujung pipi kiri dan kanan naik secara simetris.
  2. Mata menyipit ketika tersenyum.
  3. Ujung mata berkerut.
  4. Durasi senyum minimal 7 detik hingga selesai.

Tak sampai di situ, ia juga mengajarkan kepada para peserta terkait bagaimana sikap yang baik ketika berdiri, duduk, berbicara, hingga berjabat tangan.

Pengalaman tersebut diharapkan bisa menjadi bekal bagi semua peserta agar mampu memiliki sikap yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam menghadiri acara formal.

Turut hadir juga Mochamad Suluh, praktisi hipnoterapi sekaligus man navigator di Banyuwangi. Dalam kesempatan yang sama, Suluh memberi komentar terkait materi yang disampaikan oleh Bunda Agung.

“Itu adalah betul-betul ilmu yang nantinya berguna untuk berbagai macam lini,” ujarnya.

Suluh menambahkan bahwa pelatihan seperti ini sangat bermanfaat, diharap terus berlanjut karena ilmu yang disampaikan benar-benar dibutuhkan untuk banyak orang.

“Bagus ini, tinggal nanti dikemas lagi ke pertemuan berikutnya seperti yang sudah diprogramkan oleh ASR Banyuwangi,” imbuhnya.

Di akhir sesi, Bunda Agung mengajak seluruh peserta yang hadir untuk rileksasi. Ia memandu langsung sembari memberi afirmasi positif kepada seluruh peserta untuk ketenangan dan kesehatan mental. **

Previous Post Next Post