Arti Ilmu Ekonomi Menurut Adam Smith

Arti Ilmu Ekonomi Menurut Adam Smith

Arti Ilmu Ekonomi Menurut Adam Smith (Pexels)

Ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari bagaimana manusia memenuhi kebutuhan hidupnya dengan sumber daya yang terbatas.

Sederhananya, ekonomi adalah tentang bagaimana kita membuat pilihan-pilihan dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai individu maupun sebagai masyarakat.

Ilmu ekonomi mulai dianggap sebagai disiplin ilmu yang mandiri sejak tahun 1776 sejak Adam Smith menerbitkan buku berjudul The Wealth of Nations, yang kemudian menjadi landasan penting dalam perkembangan teori ekonomi.

Karya ini tidak hanya memperkenalkan konsep-konsep dasar ekonomi, tetapi juga menetapkan ekonomi sebagai ilmu tersendiri yang berfokus pada bagaimana masyarakat mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Sehingga tahun 1776 sering dianggap sebagai tahun kelahiran ilmu ekonomi, dengan Adam Smith diakui sebagai bapak ilmu ekonomi.

Hal ini disebabkan oleh kontribusi Smith yang memberikan dasar dan konsep yang jelas serta utuh bagi disiplin ilmu ini melalui karyanya, The Wealth of Nations.

Karya tersebut menetapkan prinsip-prinsip dasar yang hingga kini menjadi landasan dalam studi ekonomi.

Melalui karyanya, Adam Smith berhasil menunjukkan bahwa ilmu ekonomi memenuhi kriteria dasar sebuah disiplin ilmu.

Ekonomi memiliki objek kajian yang jelas, baik secara formal maupun material, menggunakan metodologi atau pendekatan yang terstruktur, dan tersusun secara sistematis.

Arti ilmu ekonomi menurut Adam Smith adalah ilmu kekayaan atau ilmu yang khusus mempelajari sarana-sarana kekayaan suatu bangsa dengan memusatkan perhatian secara khusus terhadap sebab-sebab material dari kemakmuran, seperti hasil-hasil industri, pertanian dan sebagainya.

Adam Smith lahir di sebuah desa kecil bernama Kirkcaldy, di Skotlandia, dan dibesarkan oleh ibunya yang seorang janda.

Pada usia 14 tahun, seperti tradisi pada masa itu, Smith diterima di Universitas Glasgow dengan beasiswa.

Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya di Balliol College, Oxford, di mana ia lulus dengan pengetahuan yang luas tentang sastra Eropa, namun juga mengembangkan rasa tidak suka yang mendalam terhadap sistem pendidikan bahasa Inggris.

Setelah kembali ke rumah, Smith mulai memberikan serangkaian kuliah yang diterima dengan baik oleh para pendengarnya.

Hal ini membawanya pada jabatan pertama sebagai profesor logika pada tahun 1751, dan kemudian sebagai ketua filsafat moral pada tahun 1752, di Universitas Glasgow.

Referensi:

https://repository.ut.ac.id/4094/1/PSOS4104-M1.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/16450/1/Pengantar%20Ekonomi-1-21.pdf
https://www.binadarma.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/BUKU-TEORI-EKONOMI_PDF.pdf

Previous Post Next Post