Dalam industri pangan ilmu digunakan untuk meningkatkan mutu pangan zat yang dipakai untuk mengawetkan makanan adalah?

Dalam industri pangan ilmu digunakan untuk meningkatkan mutu pangan zat yang dipakai untuk mengawetkan makanan adalah?

a. benzoat
b. propionat
c. ganja
d. kecap
e. gula

Jawaban:

a. benzoat

Baca juga: Sifat yang tergantung pada bentuk ukuran dan jumlah zat adalah?

Pembahasan:

Dalam industri pangan, ilmu pangan digunakan untuk meningkatkan mutu dan keamanan pangan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menambahkan zat pengawet.

Zat pengawet berfungsi untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan khamir yang dapat menyebabkan makanan cepat rusak.

Salah satu contoh zat pengawet yang umum digunakan dalam industri pangan adalah benzoat yang mampu menghambat pertumbuhan mikroorganisme sehingga makanan dapat bertahan lebih lama.

Benzoat, khususnya natrium benzoat, adalah bahan pengawet yang umum digunakan dalam makanan dan minuman untuk mencegah pertumbuhan bakteri, jamur, dan ragi, serta memperpanjang umur simpan produk.

Propionat juga digunakan sebagai pengawet, terutama dalam produk roti, namun benzoat lebih umum digunakan dalam berbagai produk pangan. Ganja, kecap, dan gula bukanlah bahan pengawet dalam konteks ini.

Dalam industri pangan, pengawetan makanan adalah proses penting untuk memperpanjang umur simpan produk dan menjaga kualitasnya.

Zat seperti benzoat, khususnya natrium benzoat, banyak digunakan sebagai bahan pengawet karena kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang dapat merusak makanan.

Natrium benzoat efektif dalam kondisi asam, seperti pada minuman ringan, saus, dan selai.

Previous Post Next Post