Dekan FIB UNEJ Sambut 319 Mahasiswa Baru Tahun 2024 dengan Semangat dan Harapan

Universitas Jember (UNEJ) menyambut kedatangan 319 mahasiswa baru Fakultas Ilmu Budaya (FIB) angkatan 2024 dalam upacara pelantikan yang dihadiri Dekan FIB, Prof. Dr. Sukarno, M.Litt.

Acara tersebut dilaksanakan di Fakultas Ilmu Budaya dan turut dilaporkan oleh Ketua Panitia Seleksi, Prof. Dr. Salamin.

Mahasiswa baru ini diterima melalui lima jalur seleksi, yaitu SNPT, SNBT, Mandiri, Pascasarjana, dan Mahasiswa Asing.

Baca juga: UNEJ Wajibkan Mahasiswa Baru Membawa Botol Minum Pribadi untuk Dukung Green Campus

Dalam sambutannya, Prof. Sukarno mengingatkan mahasiswa untuk merasa bangga dan bersyukur atas penerimaan mereka di kampus ini. Ia menyampaikan lima poin penting kepada mahasiswa baru:

  1. Sopan Santun: Mahasiswa diharapkan mengedepankan sopan santun, baik dalam interaksi dengan orang tua, dosen, maupun dalam komunikasi sehari-hari, termasuk media sosial.
  2. Kritis: Mahasiswa harus mengembangkan sikap kritis dalam akademik untuk meraih prestasi.
  3. Disiplin: Disiplin waktu dan belajar sangat penting, dengan harapan mahasiswa dapat lulus tepat waktu, yaitu dalam 4 tahun.
  4. Kolaborasi: Kemampuan bekerja sama dan berkolaborasi dalam mencapai prestasi diharapkan menjadi bagian dari pengalaman mahasiswa.
  5. Doa: Prof. Sukarno juga menekankan pentingnya berdoa sebagai bagian dari usaha meraih sukses.

Prof. Sukarno juga memperkenalkan pimpinan fakultas, ketua program studi, dan jajaran pimpinan lainnya agar mahasiswa baru dapat mengenal dan berkomunikasi dengan dosen pembimbing mereka.

Selain itu, ia mengingatkan mahasiswa untuk bijak dalam menggunakan media sosial dan tidak mudah terpengaruh oleh berita hoaks.

Baca juga: Rektor UNEJ Kukuhkan 7.630 Mahasiswa Baru Angkatan 2024 dalam Upacara PKKMB

Mahasiswa baru FIB UNEJ terdiri dari berbagai jurusan:

  • Sastra Inggris: 86 mahasiswa
  • Sastra Indonesia: 77 mahasiswa
  • Ilmu Sejarah: 70 mahasiswa
  • Televisi dan Film: 86 mahasiswa

Selanjutnya, mereka akan mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) selama 6 hari, dengan materi meliputi pengenalan kampus, sistem pendidikan, dan berbagai topik penting seperti etika akademik, wawasan kebangsaan, dan kesehatan.

Di akhir acara, Prof. Sukarno menyematkan tanda peserta PKKMB 2024 kepada perwakilan mahasiswa baru sebagai simbol dimulainya program tersebut. Ia mengajak mahasiswa baru untuk mengikuti PKKMB dengan disiplin dan semangat.

“Baik, selamat mengikuti PKKMB 2024 semoga senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan untuk suksesnya PKKMB 2024,” tutupnya.

Sumber: fib.unej.ac.id

Previous Post Next Post