Di Indonesia, tujuan dan target pembangunan berkelanjutan dirangkum ke dalam empat pilar tujuan pembangunan berkelanjutan, yaitu?

Di Indonesia, tujuan dan target pembangunan berkelanjutan dirangkum ke dalam empat pilar utama, yaitu:

1. Pilar Pembangunan Sosial

Fokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, termasuk akses terhadap pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial.

Pilar ini mencakup upaya untuk mengurangi kemiskinan, meningkatkan inklusi sosial, dan memastikan kesejahteraan bagi semua kelompok masyarakat.

2. Pilar Pembangunan Ekonomi

Bertujuan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Ini termasuk penciptaan lapangan kerja, peningkatan produktivitas, serta pembangunan ekonomi yang merata dan mengurangi kesenjangan ekonomi antarwilayah.

3. Pilar Pembangunan Lingkungan

Menekankan pada perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup.

Pilar ini mencakup pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, mitigasi perubahan iklim, pengurangan emisi karbon, serta perlindungan terhadap keanekaragaman hayati.

4. Pilar Pembangunan Hukum dan Tata Kelola

Fokus pada penguatan tata kelola yang baik, penegakan hukum, dan transparansi.

Pilar ini mencakup upaya untuk memastikan pemerintahan yang adil, efektif, dan partisipatif, serta penegakan hak asasi manusia dan perlindungan terhadap kelompok rentan.

Keempat pilar ini saling terkait dan mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang holistik di Indonesia.

Kemudian juga sesuai dengan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang diadopsi secara global oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Previous Post Next Post