Ibu Susan mengunduh aplikasi di internet selanjutnya menginstal aplikasi tersebut di laptop

Ibu Susan mengunduh aplikasi di internet, selanjutnya menginstall aplikasi tersebut di laptop, tetapi setelah selesai diinstall, aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan. Tidak lama berselang, akun Ibu Susan keluar sendiri dan tidak bisa masuk lagi dengan sandi yang sama, akun media sosialnya pun tidak bisa di akses, bahkan muncul postingan baru yang tidak dibuat oleh ibu Susan.

Kasus diatas mencerminkan salah satu contoh dari kejahatan siber yang marak saat ini yaitu?

A. Cyber-bullying
B. Scamming
C. Phishing
D. Cyber-stalking

Jawaban:

C. Phising

Baca juga: Pak Budi ingin mengolah data nilai peserta didik yang diperoleh dari evaluasi secara daring

Pembahasan:

Phishing adalah teknik penipuan yang dilakukan dengan cara menipu korban untuk mengungkapkan informasi pribadi seperti nama pengguna, kata sandi, atau informasi keuangan.

Dalam kasus ini, aplikasi yang diunduh mungkin telah menyusupkan malware ke laptop Ibu Susan, yang kemudian digunakan untuk mencuri informasi login dan mengakses akun-akunnya tanpa izin.

Postingan baru yang tidak dibuat oleh Ibu Susan menunjukkan adanya akses yang tidak sah ke akun media sosialnya, yang merupakan ciri khas dari serangan phishing.

Baca juga: Bagaimana google slides dapat memfasilitasi kolaborasi dalam sebuah tim?

Dalam kasus phishing, pelaku biasanya menggunakan teknik yang menyamar sebagai entitas tepercaya, seperti aplikasi atau situs web yang tampaknya sah, untuk mengelabui korban.

Setelah aplikasi yang mencurigakan diunduh dan diinstal, malware atau perangkat lunak jahat mungkin mengakses data pribadi korban, seperti kredensial login, dan mengirimkannya ke penyerang.

Previous Post Next Post