Pada tahap apakah diagnosis penyakit dibuat?

Pada tahap apakah diagnosis penyakit dibuat?

a. selama masa inkubasi
b. pada tahap pencegahan primer
c. pada tahap penyakit subklinis
d. pada tahap klinis
e. setelah proses penyakit berhenti

Jawaban:

d. pada tahap klinis

Baca juga: Apa yang dimaksud dengan diagnosis kerja dalam praktik kedokteran keluarga?

Pembahasan:

Diagnosis penyakit biasanya dibuat pada tahap klinis. Pada tahap ini, gejala dan tanda penyakit sudah muncul sehingga memudahkan dokter atau tenaga medis lainnya untuk mengidentifikasi penyakit berdasarkan observasi klinis, pemeriksaan fisik, dan tes diagnostik.

Baca juga: Apa yang menjadi dasar ilmu kedokteran dalam pengambilan keputusan klinis?

Penjelasan lengkap masing-masing opsi sebagai berikut:

  • Tahap inkubasi: Pada tahap ini, penyakit sudah menginfeksi tubuh tetapi belum menunjukkan gejala. Jadi, diagnosis belum bisa dilakukan.
  • Tahap pencegahan primer: Tahap ini lebih fokus pada upaya mencegah penyakit sebelum terjadi, bukan pada penentuan jenis penyakit.
  • Tahap penyakit subklinis: Pada tahap ini, penyakit sudah ada di dalam tubuh tetapi belum menunjukkan gejala yang cukup jelas untuk didiagnosis.
  • Tahap klinis: Inilah tahap di mana penyakit mulai menunjukkan gejala yang cukup jelas dan dapat diamati oleh dokter. Melalui pemeriksaan fisik, anamnesis (wawancara dengan pasien), dan tes diagnostik lainnya, dokter dapat membuat diagnosis yang akurat.
  • Setelah proses penyakit berhenti: Pada tahap ini, penyakit sudah sembuh atau tidak aktif lagi. Diagnosis biasanya sudah dilakukan sebelumnya untuk menentukan pengobatan yang tepat.
Previous Post Next Post