Perpustakaan Daerah Purwakarta Perkaya Koleksi Buku yang Digemari Pengunjung

Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, terus memperkaya koleksi buku di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Purwakarta, khususnya pada tema-tema yang paling diminati oleh pengunjung, seperti sastra, seni, dan agama.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta, Rudi Hartono, pada Minggu di Purwakarta menyatakan bahwa meningkatnya minat baca masyarakat menjadi motivasi bagi Perpusda Purwakarta untuk terus menambah berbagai jenis dan tema buku bacaan.

Sebagai lembaga yang strategis dalam menyediakan bacaan yang menjadi sumber ilmu pengetahuan dan informasi publik, Perpusda Purwakarta merasa perlu untuk terus memperbarui dan menambah koleksinya, meskipun saat ini sudah memiliki ribuan judul buku

Rudi menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Purwakarta, melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan, berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan bacaan masyarakat yang semakin beragam.

“Berbagai judul dan jenis buku bacaan terus dilengkapi. Itu untuk memastikan masyarakat mendapatkan buku bacaan berdasarkan kebutuhan dan minat baca yang makin tinggi dan beragam,” ujarnya, dikutip dari Antara (11/8/2024).

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Purwakarta, Asep Supriatna, mengungkapkan bahwa berdasarkan data yang dimiliki, buku-buku bertema sastra, seni, olahraga, dan agama menjadi favorit pengunjung Perpusda Purwakarta, dengan jumlah buku yang dipinjam atau dibaca mencapai 4.722 eksemplar.

Selain itu, buku-buku tentang filsafat, psikologi, ilmu sosial, ilmu pengetahuan, matematika, bahasa, geografi, sejarah, teknologi, dan ilmu terapan juga menarik minat pengunjung dengan total 1.412 buku yang dibaca.

“Buku-buku ini menjadi pilihan utama masyarakat yang berkunjung ke Perpusda Purwakarta. Kami akan terus menambah koleksi buku dengan mendengarkan aspirasi dan usulan dari masyarakat,” ucap Asep.

Ia juga menambahkan bahwa saat ini koleksi buku di Perpusda Purwakarta telah mencukupi untuk memenuhi tingginya minat baca masyarakat.

Dengan total 12.714 judul buku, terdiri dari 11.135 judul buku fisik, 1.420 judul buku digital (E-Book), dan 159 judul cakram optik digital (CD), koleksi ini dianggap cukup besar untuk ukuran perpustakaan daerah.

“Meski jumlah koleksinya sudah sangat besar untuk ukuran perpustakaan daerah, namun kita masih terus berupaya keras untuk terus memperbarui dan menambah jumlah koleksi yang sudah ada,” imbuhnya.

Sumber: Antara

Previous Post Next Post