Rektor UNEJ Kukuhkan 7.630 Mahasiswa Baru Angkatan 2024 dalam Upacara PKKMB

Sastrawacana.id – Rektor Universitas Jember (UNEJ), Iwan Taruna, secara resmi mengukuhkan 7.630 mahasiswa baru angkatan 2024 yang dikenal dengan sebutan ARUNA dalam upacara pelantikan dan pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024.

Upacara tersebut berlangsung di Stadion Kampus Tegalboto pada Senin, 19 Agustus 2024.

Dalam sambutannya, Rektor Iwan Taruna mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru di tahun akademik 2024/2025.

Ia menyampaikan rasa bangga dan kegembiraannya dapat menyambut para mahasiswa baru di UNEJ.

“Kami semua keluarga besar Universitas Jember bangga dan gembira bisa bersama dengan adik-adik semua untuk bisa hadir dalam upacara dan pelantikan hari ini. Ini adalah suatu kegiatan dalam rangka mengantarkan adik-adik semua ini menuju tempat studi baru di Universitas Jember. Saya ucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Universitas Jember kampus kebangsaan dan kampus Pancasila,” ujarnya.

Baca juga: UNEJ Wajibkan Mahasiswa Baru Membawa Botol Minum Pribadi untuk Dukung Green Campus

Rektor juga menjelaskan bahwa PKKMB bertujuan membantu mahasiswa baru untuk lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan sistem pembelajaran di perguruan tinggi.

“Ini sebenarnya ditujukan bagaimana mengantarkan adik-adik semua yang baru datang di Universitas Jember, untuk nantinya lebih nyaman atau istilahnya soft landing di perguruan tinggi ini,” ujar Iwan Taruna.

Prof. Slamin, Wakil Rektor Bidang Akademik yang juga ketua panitia penerimaan mahasiswa baru, melaporkan bahwa mahasiswa baru yang diterima melalui berbagai jalur seleksi adalah 2.236 dari SNBP, 4.401 dari SNBT, 2.109 dari SEMMABA, 408 dari jalur Pascasarjana, 24 dari program afirmasi pendidikan tinggi putra-putri asli Papua dan daerah 3T, serta 6 mahasiswa dari seleksi mahasiswa asing. Total keseluruhan mahasiswa baru mencapai 7.630 orang.

“Jumlah mahasiswa baru Universitas Jember yang disebutkkan termasuk di dalamnya mahasiswa pelamar beasiswa KIP-K sebanyak 2.071 mahasiswa yang terseleksi di jalur SNBP dan SNBT,” pungkas Prof. Slamin.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Fendi Setyawan, yang juga ketua panitia PKKMB 2024, menekankan bahwa tujuan utama PKKMB adalah memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru.

“Tujuan PKKMB ini adalah memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan civitas akademika dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan tridarma perguruan tinggi di Universitas Jember,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa ARUNA, nama yang diberikan untuk mahasiswa baru UNEJ angkatan 2024, memiliki arti “cahaya matahari”.

Baca juga: Menuju Peluncuran Jurnal PkM, Agribisnis Faperta UNEJ Gelar Workshop Persiapan

Filosofi ini mengandung harapan agar mahasiswa baru menjadi cahaya yang menerangi masa depan bangsa, serta menjadi pelopor inovasi dan kreasi yang membawa kejayaan bagi Indonesia.

Adapun distribusi mahasiswa baru di berbagai fakultas UNEJ adalah sebagai berikut: 427 di Fakultas Hukum, 804 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 536 di Fakultas Pertanian, 862 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 1.392 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 319 di Fakultas Ilmu Budaya, 357 di Fakultas Teknologi Pertanian, 165 di Fakultas Kedokteran Gigi, 379 di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 158 di Fakultas Kedokteran, 211 di Fakultas Kesehatan Masyarakat, 754 di Fakultas Teknik, 154 di Fakultas Farmasi, 189 di Fakultas Keperawatan, 282 di Fakultas Ilmu Komputer, 388 di Kampus Bondowoso, 128 di Kampus Lumajang, dan 126 di Kampus Pasuruan.

Previous Post Next Post