Aristoteles seorang ahli filsafat dari Yunani menyatakan bahwa pada hakikatnya manusia adalah zoon politicon

zoon politicon

zoon politicon (pexels)

Aristoteles seorang ahli filsafat dari Yunani menyatakan bahwa pada hakikatnya manusia adalah zoon politicon yang artinya manusia...

a. Mahluk individu dengan berbagai macam kepentingannya

b. Adalah mahluk yang selalu hidup berkelompok dalam masyarakat

c. Harus dapat hidup bersama-sama dengan kelompoknya sendiri

d. Hanya dapat hidup bila selalu bersama-sama dengan manusia lainnya

Jawaban:

b. Adalah mahluk yang selalu hidup berkelompok dalam masyarakat

Pembahasan:

Zoon politicon adalah istilah berasal dari bahasa Yunani, dimana "zoon" berarti hewan dan "politicon" berarti berkenaan dengan kota atau negara. Secara harfiah, zoon politicon berarti makhluk sosial.

Aristoteles menggunakan istilah zoon politicon untuk menggambarkan manusia sebagai makhluk sosial yang pada dasarnya selalu hidup dalam kelompok dan berinteraksi dalam masyarakat.

Aristoteles berargumen bahwa manusia secara alami cenderung hidup berkelompok dalam masyarakat. Kita memiliki kebutuhan bawaan untuk berinteraksi, berkolaborasi, dan membentuk hubungan sosial

Dalam pandangannya, kehidupan sosial dan kebersamaan adalah aspek yang melekat pada kodrat manusia, yang membedakannya dari makhluk lain.

Dengan hidup berkelompok, manusia bisa memenuhi kebutuhan fisik maupun emosionalnya, serta menciptakan peradaban dan nilai-nilai yang menjadi landasan hidup bersama.

Aristoteles percaya bahwa manusia baru akan mencapai potensi sepenuhnya jika ia berpartisipasi dalam kehidupan sosial.

Previous Post Next Post