Bakamla Bangun Kantor di Banyuwangi, Langkah Strategis Amankan Perairan dan Majukan Pariwisata

Kantor Bakamla di Banyuwangi

Kantor Bakamla di Banyuwangi (Humas Pemkab)

Dalam rangka memperkuat pengamanan di wilayah perairan Banyuwangi, Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) akan mendirikan kantor di Kabupaten Banyuwangi dalam waktu dekat.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Keamanan Laut Zona Maritim Tengah, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Teguh Prasetya, saat bertemu dengan Plt. Bupati Banyuwangi, Sugirah, pada Senin (21/10/2024).

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Hafidz.

"Secepatnya kita akan bangun kantor Bakamla di Banyuwangi," ujar Laksma Teguh.

Menurut Laksma Teguh, Banyuwangi memiliki posisi strategis karena terletak di perbatasan Selat Bali, yang merupakan jalur penyeberangan yang padat. Kondisi ini berpotensi menimbulkan berbagai pelanggaran hukum di perairan.

"Bakamla membuka kantor di sini untuk mendukung pengamanan dan penyelamatan perairan Banyuwangi. Yang jelas ini juga bagian dari mendukung pariwisata Banyuwangi yang sudah pesat perkembangannya," tambahnya.

Sementara itu, Plt. Bupati Sugirah menyambut baik rencana pendirian kantor Bakamla tersebut, yang menurutnya akan meningkatkan pengamanan di wilayah maritim Banyuwangi.

Sugirah menjelaskan bahwa pemerintah daerah sedang mempersiapkan lahan yang akan dihibahkan untuk pembangunan kantor Bakamla di Banyuwangi. Tim terkait saat ini sedang mengkaji hal tersebut.

"Pemkab sudah melakukan pembahasan terkait lahan yang akan dihibahkan kepada Bakamla untuk pembangunan kantor di Banyuwangi," jelas Sugirah.

Sembari menunggu proses penyiapan lahan, Pemkab Banyuwangi juga berencana meminjamkan gedung yang sudah ada agar Bakamla dapat segera beroperasi.

"Pembangunan kantor baru kan prosesnya panjang dan butuh waktu lama. Maka sementara bisa menggunakan aset gedung milik pemkab yang sudah ada," ungkapnya.

Previous Post Next Post