Sail 2 Indonesia Rally 2024: Belasan Yacht Internasional Berlabuh di Marina Boom Banyuwangi

Sail 2 Indonesia Rally 2024

Sail 2 Indonesia Rally 2024 (Humas Pemkab)

Rombongan yacht dari berbagai negara telah tiba di Banyuwangi untuk mengikuti Sail 2 Indonesia Rally 2024.

Mereka berlabuh di Pantai Marina Boom dan akan menjelajahi kekayaan wisata serta budaya Banyuwangi selama lima hari, dari 10 hingga 14 Oktober 2024.

Banyuwangi terpilih sebagai salah satu lokasi singgah dalam ekspedisi laut yang diselenggarakan oleh PT. Pelindo.

Setelah memulai perjalanan dari Kepulauan Rei di Maluku Tenggara, puluhan yacht telah melintasi laut dari Australia untuk mengeksplorasi destinasi wisata Indonesia, termasuk Banyuwangi.

Sebanyak 17 yacht dari negara-negara seperti Australia, Prancis, Amerika Serikat, Inggris, Rumania, dan Kanada disambut meriah di Pantai Marina Boom dengan penampilan Tari Gandrung yang menjadi tarian selamat datang bagi para tamu kehormatan.

Plt. Bupati Banyuwangi, Sugirah, menyambut para peserta dalam acara Welcoming Ceremony Sail To Indonesia 2024.

"Selamat datang di ujung timur Pulau Jawa. Kota yang sarat dengan seni budaya ditambah keelokan alamnya. Penduduk kami juga dikenal sangat ramah," ucap Sugirah.

Sugirah menekankan bahwa Sail to Indonesia merupakan peluang strategis untuk mempromosikan potensi Banyuwangi di kancah internasional dan mendorong pertumbuhan pariwisata maritim di daerah tersebut.

Ia juga berterima kasih kepada pemerintah pusat dan PT. Pelindo atas dukungannya, sehingga Pantai Marina Boom menjadi tempat singgah yang ideal bagi pelaut dari seluruh dunia.

Ia berharap acara ini dapat menarik lebih banyak wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri, ke Banyuwangi.

"Dengan jejaring mereka, kita harapkan para yachter dunia ini akan mengajak teman-temannya semakin banyak datang ke Banyuwangi, sehingga akan memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat dan pendapatan daerah," tambahnya.

Para yachter berencana mengunjungi berbagai destinasi wisata di Banyuwangi, termasuk Taman Nasional Baluran, Hutan De Djawatan, dan Pulau Merah.

"Saya sangat takjub dengan keindahan pemandangan yang ada disini. Bayangkan melihat sunrise dengan pemandangan Pulau Bali. Tak cuma itu juga ada latar belakang pegunungan yang indah," ujar Aubrey Graham, yachter asal Kanada.

Aubrey dan rombongannya juga telah merencanakan kunjungan ke Ijen untuk menyaksikan api biru, sebuah pengalaman yang dianggapnya paling menarik selama perjalanan.

Kapten yacht Larusia, Timothy Forderer dari Inggris, berbagi pengalamannya.

"Selama 40 tahun saya berlayar mengelilingi dunia, Indonesia adalah negara yang paling indah yang pernah saya kunjungi. Perasaan itu juga kami rasakan di Banyuwangi, semuanya menyambut kami dengan baik dan sangat ramah. Mulai dari makanan hingga alamnya juga indah, saya besok bersama istri rencananya akan menikmati sunset ke Pulau Merah sebelum melanjutkan perjalanan," ujarnya.

Direktur Utama PT. Pelindo Properti Indonesia, Sukariyadi Rudi Meidianto, menjelaskan bahwa Sail 2 Indonesia Rally 2024 dimulai pada Juli lalu, dengan para peserta berlayar dari Selandia Baru dan Australia untuk menjelajahi keindahan laut Indonesia, termasuk Raja Ampat, Pulau Banda, Flores, dan Bali.

"Semoga 4 hari ke depan, para yachters mengunjungi sebanyak-banyaknya wisata Banyuwangi dan mempromosikannya ketika kembali ke negara asal," harap Rudi.

Previous Post Next Post