Dinas Pendidikan Gunungkidul Gelar Bimbingan Teknis Pemulihan Literasi dan Numerasi

Bimtek Pemulihan Literasi dan Numerasi Dinas Pendidikan Gunungkidul

Bimtek Pemulihan Literasi dan Numerasi Dinas Pendidikan Gunungkidul (gunungkidulkab.go.id)

Dalam upaya meningkatkan literasi dan numerasi siswa, Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul bekerja sama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat mengadakan Bimbingan Teknis Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran.

Kegiatan ini berlangsung pada Rabu, 6 November, di Sasana Tut Wuri Handayani, Gedung A Dinas Pendidikan, dengan peserta meliputi Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan se-Kabupaten Gunungkidul serta sekitar 130 kepala sekolah jenjang SD dan SMP yang memiliki rapor pendidikan kategori "kuning," menandakan perlunya peningkatan capaian hasil belajar siswa.

Acara menghadirkan lima narasumber dari Universitas Negeri Yogyakarta, yang menyampaikan strategi efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, sejalan dengan program pemulihan pembelajaran nasional.

Materi yang disampaikan mencakup metode pembelajaran interaktif, penggunaan media pembelajaran, dan bimbingan khusus bagi siswa yang membutuhkan, dengan tujuan meningkatkan capaian belajar secara optimal.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, Agus Subariyanta, S.T., membuka acara dan memberikan motivasi kepada para peserta untuk berupaya meningkatkan capaian rapor pendidikan.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa selama setahun terakhir, capaian numerasi siswa di jenjang SD dan SMP mengalami penurunan.

Ia berharap semua pihak dapat mendukung program ini agar capaian pendidikan di tahun 2025 dapat lebih baik.

Sejalan dengan harapan tersebut, Prof. Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes., Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, mengungkapkan bahwa kolaborasi antara Direktorat Riset, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Dinas Pendidikan ini diharapkan dapat diimplementasikan di setiap satuan pendidikan demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Gunungkidul.

Previous Post Next Post