Setelah lulus SMA, kebanyakan orang akan melanjutkan ke pendidikannya ke Perguruan Tinggi, alias kuliah. Namun masa-masa menjelang kelulusan SMA adalah sebuah masa yang akan membuatmu galau.

Selain bersedih karena harus berpisah dengan teman SMA, kamu juga akan dipusingkan dengan keputusan ke mana nantinya akan kuliah. Ada ratusan bahkan ribuan Perguruan Tinggi di Indonesia, namun tentu saja kamu harus menentukan satu saja dari sekian banyak Perguruan Tinggi tersebut.

Jangan sampai salah pilih, sebab perjuangan serta biaya yang dikeluarkan tidak sedikit sehingga jika tidak cocok di hati maka akan muncul penyesalan yang luar biasa.

Nah, sebelum menentukan Perguruan Tinggi yang akan kamu pilih, perhatikan beberapa tipsnya berikut ini.

Baca juga: 5 Pilihan Jalan Hidup yang Bisa Kamu Tempuh Setelah Lulus SMA

1. Tentukan antara Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta

Hal pertama yang harus kamu putuskan adalah memilih antara Perguruan Tinggi Negeri atau swasta. Sebab tidak semua orang ingin masuk Universitas Negeri, ada juga yang lebih memilih Universitas swasta karena berbagai alasan. Jadi, keputusan ini bisa mengerucutkan pilihanmu selanjutnya antara negeri atau swasta.

2. Kenali Minat dan Bakatmu

Selanjutnya kamu harus mengenali minat dan bakat yang kamu miliki. Ketika kamu sudah mengenalnya dengan baik, maka kamu bisa menentukan jurusan apa yang akan diambil dan Perguruan Tinggi mana yang akan dipilih. Sebab setiap Perguruan Tinggi pasti memiliki keunggulannya masing-masing, baik dalam bidang akademik ataupun non-akademik.

3. Meminta Pendapat Keluarga

Dan yang tak kalah penting juga kamu harus meminta pendapat keluarga, terutama orang tua. Biasanya orang tua tidak ingin jika berada jauh dengan anaknya. Pertimbangan ini bisa kamu gunakan untuk memilih Perguruan Tinggi di kotamu saja sehingga tidak perlu merantau. Namun, kalau ternyata kuliah di luar kota adalah pilihan terbaik, orang tua pasti akan merestui demi kebaikan anaknya. Jadi, perhatikan juga pendapat dari orang tua, ya!

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Tugas Kuliah yang Copas Atau Tidak

4. Mencari Informasi

Sebelum lulus SMA, masih ada waktu yang bisa kamu gunakan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang Universitas di Indonesia dan seluk-beluknya. Dengan memperdalam informasi, maka kamu akan bisa menentukan pilihan yang terbaik untukmu. Kamu bisa mencari informasi di internet, dari kakak kelas, atau datang langsung ke Universitas tersebut.

5. Berdoa kepada Tuhan

Yang terakhir adalah berdoa kepada Tuhan. Ketika kamu diambang kegalauan dan kebingungan untuk memilih Perguruan Tinggi, maka mintalah petunjuk kepada-Nya. Dengan doa yang tulus, maka hatimu tidak akan ragu lagi hingga akhirnya bisa menentukan sebuah pilihan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan ketika bingung memilih Perguruan Tinggi setelah lulus SMA nanti. Jangan sampai salah pilih, ya!