Dalam lingkungan sekolah, peran guru sangatlah penting untuk mendidik serta membina setiap siswa. Sebab tugas guru bukan hanya sebagai pendidik bidang akademis saja, tapi juga urusan etika serta moral yang sangat penting dalam membentuk kepribadian siswa.

Maka dari itu, setiap siswa harus mengikuti dan patuh terhadap guru agar ilmu yang diberikan bisa dipahami dengan baik dan bermanfaat.

Selain itu, proses belajar mengajar juga akan menjadi lebih menyenangkan jika terjalin sebuah ikatan emosional yang baik antara siswa dan guru. Maka dari itu, setiap siswa harus bisa mengambil hati guru agar disayang dan diperhatikan.

Bagaimana cara agar bisa disayang oleh guru? Caranya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh setiap siswa. Untuk lebih jelas, simak informasinya berikut ini:

Baca juga: 9 Tipe Guru yang Selalu Ada di Setiap Sekolah

1. Mengenal Pribadi Guru

Hal pertama yang harus kita lakukan sebagai siswa adalah mengenali pribadi guru. Kita harus tahu bagaimana karakter dari guru. Misalnya guru memiliki kepribadian yang serius, maka kita juga harus serius. Intinya, kita harus bisa menyesuaikan diri dengan karakter guru.

2. Menjadi Siswa yang Aktif

Guru mana yang tidak suka dengan siswa aktif? Tentu saja setiap guru pasti akan senang ketika melihat siswanya aktif di kelas. Selain senang, guru juga merasa bangga ketika siswanya aktif. Itu menandakan bahwa ilmu yang dia berikan benar-benar dicerna dengan baik oleh siswanya. Maka dari itu, jadilah siswa yang aktif di kelas, aktif bertanya maupun aktif menjawab pertanyaan.

3. Mengerjakan Tugas dengan Baik

Penting untuk diketahui, ketika guru sedang mengoreksi tugas yang dia berikan. Maka saat itu juga guru menilai hasil tugas siswa. Jadi, guru akan mengetahui apakah kita mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh atau tidak. Kerjakanlah tugas dengan baik dan semaksimal mungkin agar bisa mencuri perhatian guru.

Baca juga: 6 Fakta Tentang Guru yang Sebaiknya Kamu Ketahui

4. Sopan Santun

Indonesia terkenal dengan negara yang penuh sopan santun. Budaya ini jangan sampai kita lupakan. Tetaplah menjadi pribadi yang santun kepada siapapun, terutama guru. Dengan begitu, guru akan merasa bahwa dia benar-benar dihargai oleh siswanya. Maka, guru pun akan menjadi sayang kepada kita.

5. Berprestasi

Cara agar disayang guru selanjutnya adalah menjadi siswa yang berprestasi. Ketika kita menjadi siswa berprestasi, tidak hanya guru saja yang suka, tapi orang tua dan keluarga pun ikut bangga. Oleh karena itu, rajinlah belajar agar menjadi siswa berprestasi di sekolah.