Setelah lulus SMA, mau ke mana? Mungkin itu adalah salah satu pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh orang tuamu atau saudara.

Bahkan, dalam hati kecil pun akan merasa galau tentang jalan hidup yang akan ditempuh setelah lulus SMA nanti.

Bagi kamu yang sekarang sedang duduk di bangku SMA, maka bukan waktunya lagi kamu bersantai-santai.

Sebab sebentar lagi kamu akan memasuki kehidupan baru yang biasa disebut dengan kehidupan sesungguhnya.

mahasiswa bahasa
ilustrasi (photo : pexels.com)

Pada kehidupan sesungguhnya, kamu sudah akan mulai berpikir dewasa dan tidak mengandalkan orang tua lagi.

Maka dari itu, manfaatkan masa-masa SMA sebaik mungkin agar tidak salah menempuh jalan ketika lulus nanti.

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Belajar dari Sekarang

Pilihan Setelah Lulus SMA

Nah, bicara tentang jalan hidup setelah SMA, tentu saja ada begitu banyak.

Namun kali ini Sastrawacana akan merangkum 5 pilihan jalan hidup yang bisa kamu tempuh ketika lulus SMA nanti. Berikut diantaranya:

1. Istirahat (Nganggur)

Karena terlalu lelah belajar mulai dari SD sampai SMA, ada sebagian orang yang memilih untuk beristirahat terlebih dahulu setelah lulus SMA.

Rentang waktu istirahat pun bervarian tergantung individu masing-masing. Tapi ingatlah, jangan terlena dengan nikmatnya istirahat karena akan membuatmu menjadi seorang yang pemalas.

2. Lanjut Kuliah

Setelah lulus SMA, kamu bisa melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Namun ingat, pilihlah jurusan yang sesuai dengan bakat dan minatmu.

Sebab banyak terjadi, Mahasiswa yang di DO atau memutuskan diri untuk tidak lanjut karena salah ambil jurusan. Jadi, pikir matang-matang sebelum memilih jurusan, ya!

3. Kerja

Ada juga yang merasa bahwa setelah lulus SMA sebaiknya langsung bekerja karena berbagai alasan.

Pilihan ini boleh-boleh saja dan justru baik karena kamu akan mengetahui bagaimana kehidupan nyata di luar sana, bagaimana sulitnya mencari uang, dan kamupun akan mendapat pengalaman kerja di usia muda.

4. Menikah

Ada lelucon yang mengatakan ‘tutup buka, buka terop’ yang artinya adalah setelah lulus SMA langsung menikah. Pilihan ini bisa bisa kamu pilih ketika ingin berumah tangga di usia muda.

Namun ingat, menikah itu bukan sebuah hal yang sembarangan, keputusanmu harus benar-benar matang, tidak ada unsur paksaan ataupun unsur ancaman dari pihak lain.

Baca juga: 4 Tipe Mahasiswa di Kampus

5. Memulai Usaha

Ada juga yang setelah lulus SMA langsung memulai usaha atau bisnis. Hal ini bisa kamu lakukan, mengingat begitu sulitnya mencari kerja saat ini, maka kamu harus menjadi salah satu solusi dengan menciptakan lapangan pekerjaan.

Kamu bisa melakukan usaha yang sifatnya kecil terlebih dahulu, seiring berjalannya waktu, jika memang dilakukan dengan serius maka usahamu akan mendatangkan hasil yang besar.

Nah, itulah beberapa pilihan jalan hidup yang bisa kamu tempuh ketika lulus SMA nanti. Kira-kira, kamu mau pilih yang mana?