Bekerja adalah sebuah aktivitas yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan. Nantinya penghasilan tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan, tergantung dari skil dan kemampuan masing-masing.

Namun, sampai saat ini banyak orang yang merasa tak nyaman dengan profesinya karena aturan serta kebijakan perusahaan.

Misalnya perusahaan yang terlalu menekan karyawan, terlalu ketat, insentif kecil, dan lingkungan pekerjaan yang tidak bersahabat.

Sehingga muncullah keinginan untuk resign, alias berhenti kerja.

Apakah kamu juga demikian?

Berhenti kerja boleh saja, asal pekerjaan lain sudah menanti.

Sebab jika belum mendapat batu loncatan atau pekerjaan lain, maka sebaiknya kamu bersabar terlebih dahulu daripada menjadi pengangguran.

Namun kalau hati sudah tak nyaman, sulit untuk bekerja dengan sepenuh hati. Rasa malas akan menghampiri setiap hari. Benar, kan?

Baca juga: 7 Contoh Soft Skill yang Harus Dimiliki Milenial Saat ini

Profesi Saat Berhenti Kerja

Nah, untuk mengatasinya, berikut adalah beberapa profesi yang bisa kamu lakukan setelah berhenti kerja, diantaranya:

1. Menjadi Guru Privat

Jika kamu memiliki kemampuan mengajar dalam bidang akademis, maka profesi ini bisa menjadi alternatif pilihan. Misalnya mengajar di kompleks perumahan atau melamar di lembaga pendidikan yang sifatnya part time.

2. Menjadi Penulis

Selanjutnya, kamu juga bisa menjadi seorang penulis. Misalnya penulis artikel, naskah, ataupun buku. Dengan begini, kamu tidak akan terikat waktu. Kamu adalah penentu sepenuhnya kapan akan berkarya dan kapan akan bersantai. Tapi ingat, jangan terlalu banyak santainya, ya!

3. Menjadi Agen Properti

Menjadi agen properti bisa menjadi alternatif selanjutnya. Sebab kamu tidak perlu terikat waktu, kamu bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Hasilnya pun tergantung dari kerja kerasmu, bukan ditentukan oleh perusahaan.

4. Membangun Usaha Sendiri

Saat kamu resign, pastikan kamu sudah memiliki kemampuan dalam bidang yang kamu kerjakan. Dengan begitu, kamu bisa meniru usahanya dengan skala kecil terlebih dahulu. Nanti seiring berjalannya waktu, usahamu akan besar dengan sendirinya.

5. Menjadi Blogger Atau Vlogger

Ingatlah saat ini kita hidup di era digital. Maka manfaatkanlah momen ini sebagai profesi. Kamu bisa menjadi seorang blogger ataupun vlogger. Begitu banyak vlogger dan blogger sukses di luar sana. Maka kamu pun berkesempatan mendapatkan kesuksesan yang sama.

Nah, itulah beberapa profesi yang bisa dilakukan ketika ingin resign atau berhenti kerja. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.