Agen Pos

Menjadi agen pos pada jaman sekarang memang sebuah pilihan yang tepat. Mengingat begitu maraknya jual beli online, sehingga jasa layanan antar barang menjadi sebuah kebutuhan yang dianggap begitu penting. Maka tak heran jika semakin ke sini, berbagai sektor bisnis serupa mulai bermunculan.

Namun, Pos Indonesia tetap masih diperhitungkan oleh kebanyakan orang. Hal tersebut dikarenakan eksistensi dan pengalaman yang cukup panjang. Pos Indonesia sendiri berdiri mulai dari 26 Agustus 1746, sehingga usianya saat ini lebih dari 200 tahun.

Nah, kabar baiknya, Pos Indonesia membuka jaringan agen. Jadi, siapapun bisa menjadi agen pos untuk memberikan layanan antar barang kepada masyarakat setempat.

Lebih dari itu, agen pos juga bisa memberikan pelayanan lain seperti tagihan listrik, jual pulsa, pembayaran angsuran leasing, PDAM, speedy, asuransi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 15 Peluang Usaha Bisnis dengan Modal Kecil di Bawah 1 Juta

syarat agen pos

Syarat Agen Pos

Apa saja syarat menjadi agen pos? Untuk lebih jelas, simak informasinya berikut ini.

1. Syarat Agen Pos untuk Pemohon Berbadan Usaha

1. Surat keterangan domisili usaha
2. SIUP
3. NPWP
4. Akta pendirian
5. Tanda daftar perusahaan
6. Denah calon kokasi
7. Identitas diri pimpinan badan usaha
8. Surat keterangan status lokasi dengan Denah (peta bisa pakai tulis tangan) dan izin lingkungan dari pemerintah setempat

2. Syarat Agen Pos untuk Usaha Perorangan

1. Fotocopy KTP
2. Fotocopy NPWP
3. Surat keterangan status lokasi dengan Denah (peta bisa pakai tulis tangan) dan izin lingkungan dari pemerintah setempat
4. Foto 3×4 terbaru
5. Seperangkat komputer minimal pentium 3 dengan printer di anjurkan printer pita merk. EPSON LX 310 
6. Jaringan internet / Modem GSM
7. Memiliki tempat usaha.

Jika dirasa sudah memenuhi semua persyaratan, calon agen hanya perlu mengisi pengajuan formulir di kantor pos terdekat.

Setelah melakukan isi formulir, nanti pihak pos akan melakukan survey serta memeriksa kelengkapan data serta persyaratan yang ditentukan.

Jika disetujui, maka calon agen akan mendapat pelatihan dan pengarahan tentang bagaimana sistem kerja Pos Indonesia beserta aturan-aturan mengikat lainnya.

Nah, itulah syarat dan cara menjadi agen Pos Indonesia. Cukup mudah, bukan? Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.