Kuku merupakan bagian terkecil dari anggota tubuh yang berada di ujung jari tangan dan kaki. Semakin lama, kuku akan tumbuh menjadi semakin panjang dan kemungkinan besar kuman bersarang disana jika tidak dirawat dengan baik. Oleh sebab itu, kuku harus rutin dipotong agar kebersihannya tetap terjaga.

Walaupun kuku bisa menjadi sarang kuman, namun nyatanya tidak sedikit orang yang suka menggigit kuku loh. Bahkan, bisa dikatakan sebagai hobi yang tidak bisa ditinggalkan. Ada berbagai macam alasan yang membuat mereka suka menggigit kuku.

Berikut adalah 7 alasan mengapa orang suka menggigit kuku, diantaranya:

1. Tipe Orang Perfeksionis

Perfeksionis merupakan tipe orang yang selalu ingin semuanya berjalan dengan sempurna. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang suka menggigit kuku bisa jadi disebabkan oleh sifatnya yang perfeksionis. Hal ini dikarenakan mereka berpikir terlalu jauh sehingga membuat mereka menjadi mudah cemas dan frustrasi dan akhirnya melampiaskannya dengan cara menggigit kuku.

2. Kebiasaan Sejak Kecil

Suka menggigit kuku juga bisa disebablan oleh kebiasaan yang sering dilakukan sejak kecil. Sesuatu yang sering dilakukan saat masih kanak-kanak akan berlanjut hingga dewasa, sehingga akan sulit untuk dihentikan. Untuk itu, sebagai orang tua perlu mengawasi apa yang dilakukan oleh anak agar tidak memiliki kebiasaan yang buruk.

Baca juga: 5 Ciri-Ciri Pria Sudah Luntur Cintanya Kepada Wanita

3. Faktor Genetik

Ternyata, faktor gernetik juga bisa membuat seseorang suka menggigit kuku loh. Jika kamu termasuk orang yang suka menggigit kuku, sebaiknya tanyakan pada orang tua atau keluarga yang lain apakah mereka juga memiliki kebiasaan yang sama atau tidak.

4. Merasa Kesepian

Inilah alasannya mengapa manusia harus bersosialisasi. Tentu saja supaya mereka tidak merasa kesepian. Sebab, saat merasa kesepian, berbagai macam hal akan dilakukan termasuk menggigit kuku. Untuk itu, carilah teman sebanyak-banyaknya dan selalu hidup berdampingan.

5. Kondisi yang Membuat Tertekan

Kondisi ini juga bisa membuat orang suka menggigit kuku. Contohnya, ketika mereka mengingat masa lalu yang menyedihkan ataupun memalukan, mereka akan mengalihkan perhatian dan menenangkan suasana hati dengan cara menggigit kuku.

Baca juga: Kumpulan Gambar Ilustrasi Kasih Sayang Ibu kepada Anaknya

6. Merasa Bosan

Saat merasa bosan, melakukan hobi yang disukai adalah pilihan yang tepat. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang mengatasi rasa bosan tersebut dengan cara menggigit kuku. Mereka berpikir bahwa dengan menggigit kuku, rasa bosan mereka teralihkan dan hilang.

7. Kekurangan Kalsium

Alasan terakhir mungkin sulit dipercaya. Tapi, ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa kurangnya kalsium dalam tubuh dapat mendorong seseorang untuk menggigit kuku. Oleh karenanya, penuhi kebutuhan kalsium tubuh salah satunya dengan cara rutin minum susu.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa orang suka menggigit kuku. Sekarang sudah jelas, kan?

Author : Eva E.T
Editor  : Maulana Affandi