Anak adalah karunia terindah yang diberikan oleh Tuhan kepada setiap pasangan suami istri. Sebab, kehadiran anak disebut sebagai penyempurna dari sebuah keluarga.

Maka tak heran begitu banyak pasangan yang tidak sabar untuk segera mendapat momongan.

Namun, pada kasus lain tidak sedikit pula pasangan muda yang memilih untuk menunda kehamilan.

Keputusan ini adalah sebuah pilihan yang harus dihargai oleh orang lain. Biasanya, ada berbagai alasan yang menjadikan pasangan baru untuk menunda program kehamilan.

Baca juga: 5 Arti Mimpi Menikah yang Harus Kamu Ketahui

Apa saja alasan tersebut? Berikut diantaranya:

1. Masih fokus dengan karir

Alasan utama kenapa pasangan menunda kehamilan adalah faktor pekerjaan. Banyak yang belum siap menjadi Ayah atau Ibu dikarenakan masih fokus meniti karir untuk mendapat kesejahteraan finansial di masa depan. Sebab ketika sudah punya anak, maka waktu akan lebih banyak digunakan untuk  merawat anak, bukan bekerja.

2. Belum siap secara mental

Ada juga pasangan yang tidak ingin memiliki momongan terlebih dahulu karena belum siap secara mental. Masih belum berani memiliki anak, takut tidak bisa merawat dan takut jika terjadi sesuatu yang membahayakan anaknya.

3. Usia belum memadai

Dan ada juga pasangan yang menunda punya anak hanya karena faktor umur. Mereka merasa masih terlalu muda untuk memiliki anak sehingga masih ingin menikmati masa-masa muda terlebih dahulu.

Baca juga: 8 Ciri-Ciri Istri Selingkuh, Suami Harus Waspada!

4. Faktor kesehatan

Alasan menunda kehamilan selanjutnya adalah karena faktor kesehatan. Tidak sedikit pasangan yang sengaja menunda program kehamilan, walau sebenarnya ingin punya anak. Namun hal tersebut harus dilakukan dengan pertimbangan kesehatan.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa pasangan suami istri menunda kehamilan. Jadi, hargailah keputusan mereka dan jangan pernah menyalahkan, apalagi sampai menghina.