Anggaran Perpustakaan Nasional (Perpusnas) tahun 2021 diusulkan sebesar Rp 650.139.800.000 dalam pembicaraan pendahuluan RKAK/L di Komisi X DPR RI.

Sebelumnya, Perpusnas sempat mengalami penurunan anggaran yang cukup signifikan karena ada realokasi dan refocusing anggaran selama pandemi virus Covid-19 mewabah di Indonesia.

Ketua komisi X DPR RI, Syaiful Huda menyatakan pembahasan rencana kerja dan anggaran kementerian/lembaga (RKAK/L), merupakan tindak lanjut dari program pemerintah yang ingin mempercepat pembangunan ekonomi dan reformasi sosial pada tahun 2021.

“Rapat dengan Perpusnas hari ini membahas RKAK/L tahun 2021. Ini merupakan pembahasan pendahuluan. Tema Pemerintah tahun 2021 adalah ‘Mempercepat Ekonomi dan Reformasi Sosial’. Implementasi sasarannya adalah SDM berkualitas dan berdaya saing,” ungkap Syaiful. Dan Perpusnas mendapat usulan anggaran lebih dari Rp 650 miliar untuk mendukung tema pemerintah tahun 2021 tersebut.

Syaiful Huda menegaskan juga jika Komisi X DPR RI ingin mendengar secara jelas apa yang akan dilakukan oleh Perpusnas menyambut tema pemerintah tahun 2021. Pasalnya, program literasi nasional sangat dengan kampanye pembangunan SDM unggul sehingga pembangunan literasi nasional oleh Perpusnas adalah langkah mendasar bagi kemajuan bangsa.

Sumber: DPR.GO.ID