Novel adalah sebuah karya sastra berbentuk prosa yang disusun dalam bentuk cerita bebas dan lengkap. Novel sendiri tergolong dalam karya fiksi sebab cerita yang diangkat bukanlah cerita sebenarnya, melainkan hanya karangan bebas atau imajinasi penulis belaka.

Walau ada juga beberapa novel yang diangkat dari cerita nyata, tapi jika sudah berupa novel, maka cerita tersebut sudah diimprovisasi sehingga menjadi sebuah karya fiksi yang disadur dari kisah nyata.

Sampai saat ini novel masih menjadi sebuah bacaan yang cukup laris bagi kebanyakan orang, baik kalangan muda maupun tua. Hal tersebut dibuktikan dengan eksistensinya dunia sastra pada era digital ini. Walau sudah memasuki dunia teknologi, tapi penikmat sastra masih banyak dan bahkan bertambah.

baca novel
Photo: pexels.com

Begitu tinggi antusias untuk membaca novel sehingga membuat beberapa penerbit masih tetap eksis dalam menerbitkan karya-karya penulis Indonesia. Bahkan, saat ini ada begitu banyak penulis novel baru yang bermunculan dan berkiprah di dunia sastra.

Namun, mengingat kemajuan jaman sekarang yang sudah serba canggih, dunia sastra pun ikut larut di dalam teknologi. Untuk membaca novel, saat ini kita tidak perlu repot-repot lagi membeli buku atau membawa buku yang berat karena novel biasanya memiliki halaman yang tebal.

Baca juga: Perbedaan Antara Cerpen, Novel, dan Roman

Saat ini kita bisa membaca novel hanya dengan bermodalkan smartphone saja. Ya, membaca novel secara online adalah menjadi pilihan yang cukup praktis bagi kebanyakan orang saat ini. Selain praktis, baca novel online juga tergolong hemat tempat karena tidak membutuhkan rak buku.

Jadi, kita bisa membaca novel online secara gratis kapan saja dan di mana saja dengan mengandalkan teknologi. Lantas, bagaimana cara membaca novel secara online?

Tenang saja, kali ini Sastrawacana telah merangkum beberapa aplikasi baca novel online terbaik dan gratis. Adapun aplikasi tersebut diantaranya:

1. Wattpad

aplikasi baca online wattpad
Photo: wattpad

Wattpad adalah aplikasi baca novel gratis yang bisa kita instal di smartphone. Aplikasi yang satu ini cukup menarik, sebab kita tidak hanya bisa membaca novel saja, tapi juga bisa menulis novel. Hebatnya lagi karya yang kita tulis akan dibaca oleh banyak orang sehingga membuat kita berkesempatan menjadi seorang penulis novel terkenal. Ada banyak jenis atau genre novel di Wattpad, mulai dari romance, horror, komedi, dan animasi. Jadi, yuk instal Wattpad sekarang juga!

2. Google Play Book

google play books
Photo: thenextweb.com

Aplikasi baca novel online selanjutnya adalah Google Play Book yang bisa kita instal secara gratis melalui Play Store. Aplikasi yang satu ini adalah milik rajanya internet, yaitu Google. Dalam Google Play Book, kita bisa menemukan dan membaca banyak novel sesuai dengan selera. Tidak hanya novel Indonesia saja, kita juga bisa menikmati novel luar negeri dari berbagai bahasa.

Baca juga: Ingin Menulis Novel Remaja? Perhatikan Hal Penting ini!

3. NovelPlus

aplikasi novelplus
Photo: NovelPlus

Aplikasi baca novel online berikutnya adalah NovelPlus. Aplikasi besutan anak bangsa ini memang diciptakan untuk pecinta novel. Jadi, di dalam aplikasi tersebut hanya menyediakan novel saja. Ada begitu banyak genre novel yang bisa kita pilih untuk dibaca. Jadi, aplikasi yang satu ini bisa membuat kita lebih mudah dalam membaca novel kapanpun dan di manapun. Tidak sampai di situ, kita juga bisa berkomentar untuk memberi tanggapan atau kritik sastra kepada penulis agar karya-karya selanjutnya lebih baik lagi,

4. Cabaca

aplikasi cabaca
Photo: cabaca

Aplikasi baca novel gratis selanjutnya adalah Cabaca. Aplikasi lokal ini juga menyediakan banyak novel yang bisa kita baca secara gratis. Ada begitu banyak genre, mulai dari romance, komedi, fantasi, horror, teenlit, dan masih banyak lagi. Selain itu, Cabaca juga akan update secara berkala. Misalnya ketika ada novel baru terbit, maka aplikasi ini akan segera menyediakan novel baru tersebut kepada setiap pengguna.

5. Webnovel

aplikasi webnovel
Photo: webnovel

Aplikasi baca novel online yang terakhir adalah Webnovel. Aplikasi ini merupakan aplikasi internasional yang menyediakan ribuan novel dari berbagai macam negara. Jadi, kita bisa menikmati hasil karya sastra selain Indonesia. Kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa membuat kita menjadi penulis terkenal dengan cara menerbitkan novel secara mandiri atau indie. Jadi kita bisa mempublish novel yang kita tulis ke dalam aplikasi dan mematok harga sesuka hati. Selain itu, Webnovel juga sering mengadakan kontes penulisan dengan hadiah yang menarik.

Baca juga: 5 Kesalahan Umum dalam Menulis Novel

Nah, itulah beberapa aplikasi baca novel online yang bisa kita instal secara gratis di smartphone. Tetaplah menghidupkan dunia sastra dengan membaca dan menghargai hasil karya sastra dari penulis. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam literasi!

Author : Maulana Affandi