Perkembangan teknologi saat ini memang sudah tidak bisa dibendung lagi. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya berbagai macam rekayasa teknologi yang cukup membantu kehidupan manusia, salah satunya adalah aplikasi.

Ya, aplikasi adalah sebuah sistem yang dibangun dengan sedemikian rupa guna melakukan tugas yang siap membantu manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Ada begitu banyak aplikasi yang bermunculan saat ini, mulai dari yang sifatnya positif sampai negatif.

Nah, sebagai penikmat dan pengguna aplikasi, alangkah baiknya kita selalu bijak dalam menggunakannya.

Jangan sampai kita memanfaatkan teknologi untuk hal yang tidak baik. Sebaliknya, kita harus bisa memanfaatkan teknologi sebaik mungkin, salah satunya adalah sebagai sarana belajar.

Sebab, saat ini ada banyak sekali aplikasi belajar online yang siap membantu kita untuk mencari ilmu pengetahuan. Jadi, belajar semakin asyik dan menyenangkan.

Nah, apa saja aplikasi belajar online tersebut? Berikut diantaranya:

Baca juga: 4 Channel Youtube Inspiratif yang Bisa Membuatmu Pintar

1. Ruangguru – Bimbel Online

aplikasi ruangguru
ruangguru

Untuk pengguna android pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi belajar online yang satu ini, bukan? Ya, sesuai dengan tajuknya ‘Bimbel Online’, ruang guru akan menjadi wadah kita untuk belajar secara online. Hebatnya lagi, aplikasi ini menyediakan fitur tanya jawab sehingga kita bisa melontarkan pertanyaan yang nantinya akan dijawab oleh tim pengajar.

2. Quipper

aplikasi belajar quipper
Quipper

Kalau aplikasi belajar online yang satu ini juga cukup tersohor di jagat maya. Quipper memiliki ciri khas tersendiri, yakni belajar dengan cara menonjolkan visual atau video animasi sehingga kita tidak merasa bosan. Selain itu, ada ratusan bahkan ribuan video pelajaran serta latihan soal dari berbagai macam mata pelajaran yang ada pada kurikulum saat ini.

3. Kelas Kita – Belajar Online

aplikasi kelaskita
KelasKita

Aplikasi belajar online selanjutnya adalah Kelas Kita. Ya, Kelas Kita hadir sebagai tempat belajar untuk yang memiliki ketertarikan pada dunia pemrograman, desain grafis, bahasa, jurnalistik, dan matematika. Selain itu, Kelas Kita juga memiliki komunitas yang bisa digunakan sebagai wadah diskusi antar sesama pelajar.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Gagdet

4. Brainly

aplikasi belajar brainly
Brainly

Brainly adalah aplikasi sekaligus situs web yang memang khusus digunakan untuk belajar online mata pelajaran di sekolah. Ada jutaan pengguna pada platform yang satu ini. Selain itu, Brainly juga menjadi wadah bertanya bagi setiap pengguna ketika merasa kesulitan dalam memecahkan sebuah masalah akademis. Nanti yang menjawab adalah sesama pengguna yang merasa mampu menjawab. Jadi, Brainly cukup asik digunakan sebagai sarana belajar via online.

5. Kelase – Belajar Online

aplikasi belajar kelase
Kelase

Aplikasi belajar online selanjutnya adalah Kelase. Aplikasi yang satu ini merupakan layanan belajar online untuk lembaga pendidikan, komunitas, atau organisasi yang dapat diakses dari berbagai peranti. Nantinya kita bisa belajar dengan jadwal yang sudah ditentukan. Tidak lupa juga, kita akan mendapatkan banyak teman baru karena Kelase memiliki komunitas yang jumlah anggotanya cukup banyak.

6. Soal Online

aplikasi belajar soal online
Soal Online

Kalau aplikasi belajar online yang satu ini lebih fokus kepada bank soal. Di mana kita bisa mendapatkan banyak sekali soal latihan dari berbagai macam mata pelajaran di sekolah. Hebatnya lagi, soal-soal yang diberikan sifatnya random sehingga kita tidak bisa mempersiapkan jawaban sebelumnya. Secara tidak langsung, aplikasi Soal Online akan mengasah pengetahuan kita agar lebih luas.

Baca juga: 99 Contoh Slogan Pendidikan Terlengkap

7. Periodic Table

aplikasi belajar kimia
Periodic Table

Periodic Table adalah aplikasi belajar online khusus buat anak IPA. Aplikasi ini menyediakan tabel periodik yang berisikan tentang senyawa kimia sehingga sangat memudahkan kita untuk mengenal dan menghapal.

Nah, itulah 7 aplikasi belajar online yang bisa kita gunakan untuk menunjang prestasi di sekolah. Jadi, gunakan teknologi dengan sebaik mungkin, ya!

Author : Maulana Affandi