Kemajuan teknologi saat ini sudah tidak bisa dibendung lagi. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya berbagai macam rekayasa teknologi yang dipadukan dengan internet, seperti platform chat online.

Seperti yang kamu ketahui, saat ini ada begitu banyak jenis platform chat atau yang biasa disebut dengan perpesanan instan.

Misalnya WA, Line, Wechat, Viber, Tinder, bahkan sekelas Google pun mengeluarkan platform chattingnya sendiri yang bernama Google Hangout.

Namun, sebelum masifnya perkembangan teknologi seperti sekarang, sebenarnya platform chatting juga sudah tersedia pada awal perkembangan digital sekitar tahun 2000-an.

Namun, karena terbatasnya koneksi pada saat itu, tidak banyak orang yang bisa merasakannya.

Baca juga: 10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia

Hanya orang tertentu saja yang bisa menikmati platform chatting legendaris untuk menambah teman di dunia maya.

Aplikasi Chatting Jadul

Apa saja platform chat online legendaris tersebut? Berikut diantaranya:

1. Mig33

mig33

Sebelum Android dan iOS merajai pasar online seperti sekarang, dulu ada sistem operasi yang bernama Symbian dan Java.

Kedua sistem tersebut menjadi primadona bagi ponsel canggih jaman dulu. Nah, ada satu aplikasi dari sistem operasi tersebut yang bernama Mig33.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa bertemu dengan teman baru dalam dunia maya untuk saling berbagi pengalaman dan cerita.

Uniknya, aplikasi Mig33 tersedia group chat atau room yang bisa sehat, artinya tidak ada spam ataupun topik yang keluar dari tema group tersebut.

Jika terjadi, maka user bisa melakukan kick terhadap user lain yang dianggap spam atau pengacau.

2. Nimbuzz

aplikasi nimbuzz

Pernahkah kamu mendengar aplikasi Nimbuzz? Yap, aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi perpesanan instan yang cukup populer pada jamannya.

Kebanyakan pengguna dari Nimbuzz ini adalah cheater dan jomblo yang ingin mencari jodoh.

Hebatnya lagi, pada saat itu Nimbuzz dianggap cukup canggih, karena saat user sedang offline, maka Nimbuzz akan mengirimkan notifikasi “Buzz” ketika ada teman yang menghubungi.

3. Mxit

mxit baru

Kalau aplikasi yang satu ini memang sangat populer yang menjadi salah satu aplikasi chatting terlaris pada jamannya. Aplikasi yang satu ini berbasis Java.

Ada berbagai macam emoticon lucu yang bisa didownload secara gratis untuk dikirimkan kepada teman.

Untuk urusan harga, dikabarkan jika Mxit memasang tarif yang sangat murah sehingga mendapat sedikit komplain dan keluhan dari provider selular.

Selain itu, privasi dari Mxit juga baik karena pengguna hanya bisa menambahkan teman secara manual saja.

Baca juga: 25 Cara Jadi Selebgram Sukses dan Terkenal, Coba Yuk!

4. Yahoo! Messenger

yahoo messenger

Yahoo! yang terkenal sebagai platform pengiriman surel, ternyata juga memiliki aplikasi perpesanan instan yang cukup ramai digunakan pada saat itu, yaitu Yahoo! Messenger.

Sama seperti aplikasi lain, Yahoo! Messenger digunakan untuk mengirim pesan singkat kepada pengguna lain.

Hebatnya, aplikasi yang satu ini bisa melakukan panggilan tatap muka atau webcam sehingga jumlah penggunanya cukup ramai dari berbagai belahan dunia.

5. mIRC

mirc chat

Kalau aplikasi yang satu ini memang dinobatkan sebagai aplikasi pemburu jodoh. Banyak jomblowan dan jomblowati yang menginstal mIRC pada ponsel mereka.

Bahkan, banyak bukti pengguna yang berhasil mendapatkan pasangan melalui platform yang satu ini. Namun, aplikasi mIRC lebih keren dan lengkap fiturnya jika diakses melaui PC.

Jadi, kebanyakan remaja saat itu rela mengeluarkan biaya untuk bermain mIRC di warnet.

Nah, itulah beberapa aplikasi chatting online legendaris yang sempat hits pada jamannya. Ada yang mau nambahin lagi?

Author : Maulana Affandi