Apa itu galau? Kenapa orang bisa galau? Dari mana datangnya galau? 

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata ‘galau’. Kita sering mendengarnya dari teman ataupun media sosial. Tapi walau kata ‘galau’ sudah tak asing lagi, tidak sedikit orang yang masih bingung dengan arti galau yang sebenarnya.

Menurut KBBI, Galau artinya kacau, tidak karuan.

Jika melihat arti galau dari KBBi yang berarti kacau, kita bisa menafsirkan jika galau tidak bisa didefinisikan secara spesifik. Sebab, galau adalah wujud dari rasa yang sifatnya abstrak, alias tak nampak. Paling mudah memaknai galau adalah kondisi suasana hati yang sedang kacau, sedang dalam kebimbangan, kekecewaan, keputusasaan, kekhawatiran, serta kesedihan.

Galau merupakan konflik batin yang bisa mereaksi otak dan fisik manusia. Maka jangan heran ketika kita sedang galau, fisik menjadi lemas, lunglai, dan seakan tak berdaya. Begitu pula dengan otak. Kita tidak bisa berpikir dengan jernih untuk menuntaskan masalah penyebab timbulnya kegalauan.

Kebanyakan anak muda jaman sekarang selalu mengaitkan galau dengan urusan asmara atau percintaan. Padahal, galau sendiri tidak hanya berkutat pada urusan cinta belaka, tapi bisa lebih luas dari itu.

Salah satu penyebab galau adalah rasa kecewa ketika pencapaian yang didapat tidak sesuai dengan harapan. Misalnya, kita sudah belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh. Tapi kita tetap tidak mendapat peringkat di kelas. Maka rasa kecewa dan resah pun datang. Itu juga bisa disebut galau.

Baca juga: Cinta itu Menyeramkan Saat Diri Tidak Mengenalnya

Lantas, bagaimana cara mengatasi galau?

Ada begitu banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa galau yang sedang menumpuk, mulai dari curhat, refreshing, makan dengan porsi jumbo, bahkan menulis. Namun, salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan ketika galau adalah mendengarkan lagu.

Ya, mendengarkan lagu memang menjadi pilihan utama oleh kebanyakan orang untuk melepas rasa sedih, resah, gundah, dan amarah dalam jiwa. Biasanya lagu yang didengar saat galau adalah lagu sedih dengan dalih bahwa hanya lagu sedih yang bisa mengerti dengan kondisi yang sedang dirasakan.

Walau banyak juga yang mengatakan jika lagu sedih tidak cocok didengarkan saat galau karena akan membuat kondisi jiwa semakin rapuh. Tapi anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Sebenarnya hal tersebut bukanlah larangan, tapi sekadar imbauan.

Justru dengan mendengarkan lagu sedih, kita bisa melepaskan semua rasa gundah di dalam jiwa. Kita bisa membuang semua rasa gundah sehingga tak ada lagi yang tersisa dan akhirnya kita bisa memulai kehidupan baru yang lebih baik.

Baca juga: Move On dengan Menulis – Tutup Luka itu Sebelum Mati Rasa

Tentu saja setiap orang memiliki caranya masing-masing ketika menghadapi galau. Tidak harus mendengarkan musik, tidak harus makan banyak, tidak harus pergi liburan. Kadang teman galau yang paling indah adalah menyendiri dan mencurahkan isi hati kepada Sang Pencipta.

Sepintar apapun dan setinggi apapun pangkat seseorang, tidak ada yang bisa menghindari galau. Sebab, galau pasti akan dialami oleh setiap insan, hanya tinggal menunggu waktunya.

Itulah pengertian galau yang sering dipertanyakan oleh banyak orang. Semoga bermanfaat dan bisa membuat diri kita lebih siap untuk menyambut kegalauan-kegalauan yang akan datang di dalam kehidupan.

Author : Maulana Affandi