Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengimbau kampus untuk memfokuskan perkuliahan teori di awal semester baru selagi masih masa pandemi Covid-19. Sementara, kuliah praktik dilakukan pada pertengahan atau akhir semester.

“Ini di bidang vokasi ya. Tak semua bidang kuliah yang sifatnya praktek itu bisa didaringkan. Misal yang bisa full daring kan perangkat lunak, teknik informatika, pemrograman komputer. Itu praktek dan teori bisa daring. Semester depan itu harus dimulai dengan teori supaya perkuliahan bisa berjalan,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto dalam temu media secara daring, Rabu (24/6/2020).

Menurutnya, praktik perkuliahan seharusnya bisa dilakukan secara daring. Namun, jika praktik memang harus menggunakan laboratorium, studi, dan bengkel, maka harus tetap menggunakan protokol kesehatan lengkap.

“Kampus harus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19, pemerintah daerah. Pengelola kampus juga harus membuat peraturan praktek lebih detail lagi seperti mesin disemprot disinfektan (berapa kali),” imbuh Wikan.