Bicara tentang mitos, tentu saja kita masyarakat Indonesia sangat kental akan berbagai hal yang berbau mitos. Meski belum bisa dibuktikan secara ilmiah, mitos masih masih menjadi sebuah misteri dan momok bagi banyak orang.

Banyak yang percaya, banyak juga ada yang tidak percaya. Tentu hal ini akan selalu menjadi perdebatan yang tiada henti.

Benda Pembawa Sial

Ada banyak mitos yang beredar di Nusantara, salah satunya adalah perihal benda-benda yang katanya bisa “membawa sial” bagi pemiliknya. Lantas, apa saja benda-benda yang dianggap pembawa sial bagi pemiliknya? Berikut diantaranya.

Baca juga: 9 Mitos Tentang Kucing, Nomor 4 Menyeramkan!

1. Jam Mati

jam mati
Photo: msn

Jam mati yang menempel di dinding rumah sebaiknya segera diperbaiki atau dibuang saja. Sebab, konon katanya jam mati bisa memberi banyak dampak buruk bagi penghuni rumah. Dampak terburuknya adalah kematian bagi salah satu penghuni dengan cara yang tak wajar, misalnya mati mendadak tanpa sakit atau tanda-tanda sebelumnya.

2. Kalender Kedaluwarsa

kalender kedaluwarsa
Photo: antikpraveda

Mitos yang beredar tentang kalender kedaluwarsa adalah perihal kemakmuran keluarga. Konon katanya rumah yang diisi dengan kalender kedaluwarsa akan menghambat kemakmuran, salah satunya dalam urusan perekonomian. Tak sedikit orang yang mempercayainya sehingga takut untuk menyimpan kalender kedaluwarsa.

Baca juga: 15 Mitos Era 90-an yang Super Absurd

3. Tanaman Berduri

kaktus
Photo: casaindonesia

Ada banyak tanaman hias yang berduri, salah satunya adalah kaktus. Tanaman ini memang menjadi primadona yang sering digunakan untuk menghiasi ruangan. Namun, menurut mitos yang beredar, tanaman berduri bisa menimbulkan energi negatif sehingga membuat keharmonisan rumah tangga terbengkalai.

4. Kursi Goyang

kursi goyang hantu
Photo: Fimela

Mitos tentang kursi goyang sepertinya sudah cukup populer, bahkan sering dimuat dalam film. Mitosnya, enaruh kursi goyang di sudut rumah diyakini bisa mengundang roh-roh gentayangan atau makhluk halus. Maka banyak pendapat yang mengatakan untuk segera membuang kursi goyang yang sudah usang.

5. Cermin Rusak

cermin pecah
Photo: lady-ya

Cermin pecah atau rusak juga sering dikaitkan dengan sebuah benda pembawa sial. Konon katanya cermin yang rusak bisa memberikan efek buruk bagi perekonomian keluarga. Lebih dari itu, potongan cermin rusak juga cukup membahayakan bagi pemiliknya sehingga memang lebih baik diganti dengan yang baru.

6. Keran Bocor

keran bocor
Photo: tentik

Banyak juga yang mempercayai bahwa keran atau pipa bocor adalah sebuah hal yang bisa mengundang sial. Dikiaskan bahwa keran bocor adalah sebuah hal membuang rezeki yang disimbolkan dengan air yang terbuang sia-sia.

7. Bunga Layu

bunga layu
Photo: rosewess

Jika kita memiliki hobi menghiasi rumah dengan tanaman, alangkah baiknya menggunakan yang masih segar. Sebab, mitosnya bunga layu yang berada di dalam rumah bisa membuat rezeki seret sehingga menyebabkan kemiskinan.

Baca juga: 7 Terowongan Misterius di Indonesia

8. Sarang Lebah

sarang lebah di rumah
Photo: zonabandung

Sarang lebah yang berada di dalam rumah juga sering dikaitkan dengan sebuah mitos kesialan. Konon katanya sarang lebah di dalam rumah bisa memberikan aura negatif yang akan membuat penghuni tertimpa kesialan. Tapi secara logika, sarang lebah memang dihuni oleh banyak lebah yang siap menyengat siapa saja ketika mereka merasa terancam.

Nah, itulah mitos benda pembawa sial yang banyak dipercayai oleh masyarakat. Urusan percaya atau tidak, kembali pada diri masing-masing. Kalau kamu, percaya atau tidak?