Biografi Benjamin Franklin

Benjamin Franklin adalah seorang tokoh penemu yang lahir di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, 17 Januari 1706 – meninggal di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, 17 April 1790 pada umur 84 tahun.

Franklin adalah orang dengan banyak jenis profesi dan keahlian. Ia adalah seorang wartawan, penulis, sastrawan, pengarang, filantrofis, abolisionis, pelayan masyarakat (pejabat), ilmuan, diplomat, dan penemu.

Lebih dari itu, Benjamin Franklin adalah seorang pengusaha dalam bidang penerbitan dan percetakan. Oleh karenanya, banyak karya tulis yang telah diciptakan dan dibaca oleh masyarakat luas.

Dari sekian banyak keahliannya tersebut, ia telah menemukan berbagai karya yang sampai saat ini masih digunakan. Salah satunya adalah penangkal petir.

Pada tahun 1740, listrik adalah hal baru bagi dunia. Benjamin Franklin dan kerabatnya mulai menyelidiki fenomena listrik itu.

Pada tahun 1750 ia menerbitkan sebuah proposal untuk sebuah percobaan untuk membuktikan bahwa petir adalah listrik, lalu ia menggunakan layang-layang untuk mengumpulkan beberapa muatan listrik dari awan badai.

Dalam percobaannya terhadap listrik, Franklin menemukan temuan untuk penangkal petir, yang menjadi alasan mengapa bangunan tidak tersambar petir setiap kali ada badai yang menakutkan.

Ia menulis bahwa konduktor (penghantar listrik) dengan ujung yang tajam memiliki kemampuan untuk menarik muatan listrik dan memiliki jangkauan penarikan yang lebih jauh dibandingkan dengan konduktor dengan ujung yang tumpul.

Baca juga: Biografi Lengkap Martha Christina Tiahahu

Karya Benjamin Franklin

Selain itu, masih banyak lagi karya-karya yang telah ditemukannya. Adapun karya atau temuan dari Benjamin Franklin adalah sebagai berikut:

1. Glass Armonika

Pada tahun 1761, Franklin menciptakan alat musik armonika menggunakan kaca yang ditiup untuk menciptakan nada yang tepat.

Armonika cukup populer di Inggris dengan komposer besar seperti Beethoven dan Mozart menggubah musik menggunakan alat musik tersebut.

2. Kompor Franklin

Kompor ini ditemukan pada tahun 1742. Alat memasak ini dinilai lebih aman dan menghasilkan panas dua kali lipat dari kompor kayu biasa.

Kompor Franklin memiliki seperti cerobong di puncaknya dan kotak udara di bagian belakang.

3. Penangkal Petir

Eksperimen penangkal petir dilakukan oleh Franklin pada tahun 1752 dengan bantuan layang-layang yang diterbangkan pada awan berhalilintar.

Penangkal petir buatan Franklin mampu membantu mengendalikan kebakaran yang sering terjadi akibat sambaran petir.

4. Lensa Bifokal

Terganggu karena sering mengganti kacamata untuk membaca dan meilhat benda jauh, Benjamin Franklin menciptakan lensa dengan dua titik fokus pada tahun 1784.

Lensa bifocal memuat dua lensa untuk membaca sekaligus melihat jauh yang dipasang pada satu frame kacamata.

Lensa untuk melihat jauh ditempatkan di bagian atas, sedangkan lensa untuk membaca ditempatkan di bagian bawah.

5. Odometer

Saat menjabat sebagai Postmaster General, dia berpikir tentang menemukan rute terbaik untuk mengirimkan surat. Odometer (alat untuk mengukur jarak) diciptakan oleh Franklin pada tahun 1775. Odometer membantu dalam mengukur jarak tempuh kereta kuda yang membawa surat.

6. Kateter untuk Berkemih

Ketika kakaknya menderita batu ginjal, Franklin mengembangkan kateter urin untuknya. Kateter ini adalah yang pertama diproduksi di Amerika.

Beberapa penemuan lain Benjamin Franklin termasuk sirip berenang, lengan panjang untuk meraih buku yang ditempatkan pada ketinggian, dan pemetaan Teluk Meksiko.

7. Poor Richard’s Almanack

Poor Richard’s Almanack adalah almanak tahunan yang diterbitkan oleh Benjamin Franklin, yang mengadopsi nama samaran “Poor Richard” atau “Richard Saunders” untuk tujuan ini. Publikasi ini muncul terus-menerus dari tahun 1732 hingga 1758