Dalam sebuah hubungan asmara, pertengkaran pasti terjadi. Ya, setiap hubungan pasti tidak luput dari yang namanya bertengkar. Baik pertengkaran kecil, sampai pertengkaran besar yang mengancam keutuhan dari hubungan tersebut.

Biasanya, pertengkaran itu sendiri terjadi karena berbeda paham atau pendapat. Namun, tidak sebatas itu saja, kadang juga pasangan bertengkar dikarenakan orang ketiga. Ketika orang ketiga sudah menjadi faktor pertengkaran, maka sebuah hubungan tidak lagi harmonis karena kepercayaan sudah hilang.

berantem
Photo: pexels.com

Namun, ketika pertengkaran terjadi hanya karena perbedaan pendapat saja, tidak menjadi masalah yang serius. Sebab, pertengkaran-pertengkaran kecil juga memiliki beberapa manfaat yang baik bagi sebuah hubungan, loh.

Apa saja manfaat bertengkar dengan pacar? Simak informasinya berikut ini:

Baca juga: Cowok Wajib Tahu, Inilah 7 Hal yang Bikin Cewek Ilfil Banget Sama Kamu!

1. Semakin Saling Mengerti

Pertengkaran kecil yang terjadi dalam sebuah hubungan bisa membuat seseorang semakin mengerti dengan sifat pasangannya. Jadi, secara tidak langsung bisa membuat pasangan saling kenal luar dan dalam. Seperti diketahui, ketika pacaran, banyak pasangan yang hanya mengenal bagian luarnya saja.

2. Mengetahui Apa yang Dibutuhkan Pasangan

Dengan bertengkar, kita akan tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pasangan kita. Semakin kita tahu kebutuhannya, maka kita juga bisa memberikan yang terbaik agar pacar tidak lagi marah dan tambah cinta kepada kita.

3. Mengetahui Titik Sensitif dari Pasangan

Bertengkar dengan pacar juga bisa membuat kita tahu titik sensitifnya. Jadi, ketika kita menyinggung topik tertentu dan akhirnya dia marah, maka kita sudah tahu apa penyebabnya marah sehingga di lain waktu kita tidak mengulanginya lagi.

Baca juga: Punya Pacar Pemarah? Inilah 6 Tips untuk Menghadapinya

4. Belajar untuk Bertahan

Ibarat pepatah yang mengatakan bahwa semakin tinggi pohon, maka semakin keras angin yang menerpa. Begitu juga dengan kisah cinta, semakin lama akan mendapat banyak masalah. Nah, untuk melatihnya, pertengkaran-pertengkaran kecil sangat diperlukan. Dengan bertengkar, kita bisa belajar untuk bertahan, bukan langsung memilih pergi.

5. Introspeksi Diri

Bertengkar juga bisa membuat kita introspeksi diri. Kita mengetahui bahwa ada hal serta sifat buruk dalam diri yang harus diubah. Sebab ketika bertahan dengan sifat yang buruk tersebut, maka pertengkaran-pertengkaran hebat akan terus terjadi.

Nah, itulah beberapa manfaat bertengkar dengan pacar. Namun, walau memiliki banyak manfaat, tetap saja bertengkar bukan hal yang baik bagi sebuah hubungan. Lebih baik menjaga agar pertengkaran tidak terjadi.

Auhor : Eva