Belajar

Belajar adalah sebuah kegiatan positif untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan dalam bidang akademis. Selain itu, belajar juga bisa membuat siswa menjadi berprestasi. Maka tak heran jika semua orang tua sangat tegas kepada anaknya dalam urusan belajar.

Mengingat begitu pentingnya belajar, maka kamu harus bisa menyisihkan waktu beberapa jam dalam sehari untuk melakukannya. Banyak yang mengatakan bahwa waktu belajar terbaik adalah pada setelah subuh.

Namun tidak menutup kemungkinan untuk melakukannya di waktu lain. Jika kamu merasa sulit belajar pada setelah subuh, maka kamu bisa menggantinya kapan saja, termasuk malam hari.

Nah, dalam proses belajar, ada satu masalah yang sering dialami oleh kebanyakan orang, yaitu sulit menyerap materi karena berbagai alasan.

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Belajar dari Sekarang

Cara Belajar Efektif

cara meningkatkan semangat belajar
Photo: pexels

Apakah kamu merasakan hal yang sama? Jika benar, jangan berhenti belajar dulu. Sebab ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar belajar menjadi lebih efektif. Adapun tipsnya sebagai berikut.

1. Fokus Pada Satu Materi

Bergonta-ganti materi dalam satu waktu akan memecahkan fokusmu. Usahakan untuk fokus pada satu materi terlebih dahulu, baru lompat ke materi lainnya. Jadi, kamu harus memiliki prioritas yang harus diutamakan dalam belajar.

2. Terapkan Beberapa Metode

Ada banyak metode belajar yang bisa kamu lakukan di rumah, seperti membaca, mendengar, dan memperagakan. Kamu bisa menerapkan salah satu metode yang menurutmu paling mudah dicerna.

Misalnya ketika belajar Bahasa Inggris, maka metode yang bisa kamu lakukan adalah mendengar dengan baik, lalu memperagakan. Tapi pada dasarnya, urutan metode yang baik adalah membaca terlebih dahulu, kemudian mendengar, terakhir adalah memperagakan/praktik.

3. Perbaiki Mood

Apapun yang kamu lakukan dengan mood jelek, maka hasilnya tidak akan maksimal. Misalnya kamu dimarah oleh orang tua karena tidak mau belajar. Maka sebaiknya kamu tenangkan diri terlebih dahulu sebelum duduk di meja belajar.

Kalau mood sudah membaik, mulailah belajar. Ada banyak cara yang bisa memperbaiki moodmu, salah satunya adalah mendengar musik.

Baca juga: 7 Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Menunjang Prestasi di Sekolah

4. Sambil Ngemil

Belajar sambil ngemil apakah boleh? Tentu saja boleh asal tidak mengganggu dan tidak mengotori meja belajarmu. Jika ngemil memang menjadi alasan kamu bisa fokus, maka lakukanlah.

Sebab bagaimanapun juga setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk dapat melakukan sesuatu, termasuk belajar. Jadi tidak ada alasan untuk tidak belajar, ya!

5. Jangan Terlalu Lama

Ingatlah, sedikit demi sedikit lebih baik daripada memforsir dalam satu waktu. Memori manusia itu terbatas, kamu tidak bisa memaksanya untuk menghapal begitu banyak materi dalam satu waktu.

Lebih baik belajar semampunya. Sedikit demi sedikit, maka lama-lama akan menjadi bukit. Belajarlah secara rutin, setiap hari. Jangan seminggu sekali tapi porsinya banyak.

Ibarat makan. Kamu harus makan 2 atau 3 kali sehari, bukan sekali dalam 3 porsi, ya!

Baca juga: Ampuh, Inilah 5 Cara dan Teknik Membaca Cepat

Nah, itulah beberapa tips dan cara agar belajar menjadi lebih efektif. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.

Author : Maulana Affandi