Cinta bisa membuat hidup terasa indah. Cinta juga bisa membuat hati berbunga-bunga setiap harinya.

Jatuh cinta memang nikmat, apalagi orang yang kita cinta juga membalasnya dengan perasaan yang sama.

Tapi, ada kalanya cinta juga bisa melukai hati dan perasaan ketika harus berpisah dengan orang yang dicinta.

Namun, kadang perpisahan itu memberikan luka mendalam pada kebanyakn orang. Bahkan, luka itu tidak sembuh-sembuh hanya karena teringat kenangan masa lalu.

Sakit memang, tapi bukan berarti move on dan melupakan mantan sulit untuk dilakukan, ya. Pasalnya, ada beberapa tips ampuh yang bisa kamu lakukan untuk bisa move on dari mantan. Penasaran? Yuk disimak!

Baca juga: Punya Pacar Penulis? Inilah 8 Kebahagiaan yang Akan Kamu Dapat!

1. Jangan Terlalu Memaksa Untuk Melupakan

move on
Photo: pexels.com

Tentu saja tidak mudah untuk melupakannya. Satu minggu, dua minggu, mungkin kamu akan merasa galau dan dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas. Biasanya, kamu akan berusaha sekuat tenaga untuk melupakan mantan dan semua kenangan indah bersamanya.

Tapi, perlu diingat bahwa dalam melupakan itu semua, kamu tidak harus memaksakan dirimu sendiri. Biarkan mengalir apa adanya. Pada saat kamu selalu mengingat tentang dirinya, lama-lama kamu akan merasa bosan dan akhirnya semuanya akan menghilang dengan sendirinya.

2. Lebih Banyak Mengingat Kenangan Buruk Dibanding Kenangan Indah

cara move on
Photo: pexels.com

Nah, cara ini juga bisa kamu coba jika selama pacaran, si mantan sering memperlakukanmu dengan buruk. Cobalah selalu ingat apa saja sifat dan sikap dia yang selalu membuat kamu merasa sakit hati. Dijamin, kamu akan sadar bahwa memang sebaiknya kamu lepas dari kehidupannya.

3. Menyibukkan Diri dengan Aktivitas Bermanfaat

tips move on
Photo: pexels.com

Saat kamu sendiri tanpa melakukan kegiatan apapun, otomatis pikiranmu pasti tertuju pada mantan. Kamu akan mengingat semua hal tentang dia yang ujung-ujungnya membuat kamu semakin kangen dan tidak bisa melupakannya.

Ada baiknya jika kamu menyibukkan diri dengan kegiatan positif, misalnya seperti olahraga, kumpul bersama sahabat atau keluarga, traveling, dan masih banyak lainnya. Dengan banyaknya aktivitas yang kamu lakukan, kamu tidak akan sempat lagi untuk memikirkan mantan.

4. Jangan Simpan Semua Pemberiannya

pemberian mantan
Photo: pexels.com

Selama pacaran, mungkin kamu dan si mantan saling memberi hadiah berupa barang yang pastinya kalian simpan. Ketika kamu putus, sebaiknya kamu tidak menyimpan lagi barang-barang pemberian darinya.

Kamu bisa mewariskannya pada adik, kakak, atau teman terdekat. Jika memang kamu ingin menyimpannya, simpanlah di tempat yang tidak bisa kamu lihat dengan mudah. Dengan demikian, kamu tidak harus mengingat mantan saat melihat barang-barang tersebut.

Baca juga: Move On dengan Menulis – Tutup Luka itu Sebelum Mati Rasa

5. Jangan Mendengarkan Lagu Sedih

denger musik
Photo: pexels.com

Hampir semua orang saat sedang galau akibat putus cinta, mendengarkan musik atau lagu dengan irama pelan alias lagu mellow. Sebaiknya jangan dilakukan saat kamu sedang putus cinta. Karena lagu-lagu mellow dengan lirik sedih karena patah hati dapat menstimulus otakmu untuk merasakan hal sama juga.

Sehingga, rasa sedih yang jamu alami akan semakin bertambah parah dan kamupun tidak akan cepat move on. Bersedihlah tapi sewajarnya saja. Jika ingin mendengarkan musik, pilihlah jenis musik yang liriknya mengandung motivasi.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk melupakan mantan. Selamat mencoba dan semoga cepat move on ya!

Author :  Eva E.T
Editor  :  Maulana Affandi