Cara Jadi Selebgram Sukses dan Terkenal

Selain menjadi youtuber, ada satu lagi profesi yang cukup banyak digandrungi oleh anak muda saat ini, yaitu selebgram. Pasti kamu tahu apa itu selebgram, bukan?

Yap, selegram adalah singkatan dari selebriti instagram, di mana para selebriti tersebut terkenal di dunia maya yang diawali dari instagram.

Sudah banyak selebgram terkenal dan sukses hingga akhirnya bisa mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit. Bahkan, menjadi selebram itu mudah. Kamu tidak dituntut untuk memiliki skil tertentu.

Namun jika kamu punya skil khusus, itu adalah kabar baik karena kamu bisa berkarya di instagram, seperti membuat film bagus atau konten menarik lainnya.

Nah, lantas apa saja cara menjadi selebgram agar cepat sukses dan terkenal? Simak informasinya berikut ini.

Baca juga: 5 Perbedaan Film dan Sinetron, Simak Yuk!

1. Bulatkan Tekad

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah membulatkan tekad. Sebab, menjadi selebgram itu banyak cobaannya, salah satunya kamu akan mendapat omongan miring dari netizen yang maha benar. Jadi, kalau tekad sudah bulat, kamu tidak akan memerhatikan hal tersebut.

2. Tahu Tujuan

Selain membulatkan tekad, kamu pun harus tahu tujuanmu menjadi selegram untuk apa. Dengan mengetahui tujuan, maka kamu bisa menentukan langkah di awal. Misalnya kamu ingin menjadi motivator dunia maya, maka kamu harus tahu bagaimana caranya menjadi motivator, termasuk dalam menjaga tingkah laku.

3. Punya Motivasi

Selanjutnya, kamu harus punya motivasi. Dengan motivasi itu nantinya kamu bisa tetap semangat dalam berjuang untuk menjadi selegram. Sebab, seringkali orang berhenti di tengah jalan untuk menggapai mimpi karena tidak punya motivasi.

4. Tekuni Sesuai Hobi

Banyak selegram sukses karena hobinya. Sebab, dengan melakukan sesuatu yang kamu sukai, maka kamu tidak akan merasa bahwa hal tersebut adalah tekanan. Tapi kamu akan merasa hal tersebut adalah sebuah kesenangan sehingga rasa semangat akan terus membara.

Baca juga: Bikin Ngiler, Gaji 5 Penulis Novel ini Bisa Bikin Auto Kaya

5. Buat Nama yang Menarik dan Menjual

Kamu harus menentukan nama yang sangat menarik dan komersil. Kamu tahu kenapa banyak artis tidak menggunakan nama aslinya? Hal tersebut dikarenakan nama samaran lebih komersil dan menjual jika dibandingkan dengan nama asli.

6. Tentukan Konsep

Kamu harus menentukan konsep dari awal. Misalnya kamu ingin membuat video atau film, maka kamu harus menentukan konsep serta bagaimana isi dari video tersebut. Sebab banyak netizen yang sangat antusias terhadap konten film yang bagus. Lantas, memikirkan tentang berapa kali posting dalam seminggu. Sebab, dengan terbiasa seperti itu kamu akan menjadi disiplin.

7. Gunakan Gambar Berkualitas

Maksud dari gambar berkualitas adalah gambar-gambar yang kamu bagikan memang harus punya nilai seni yang baik. Sebab, ketika gambar yang kamu bagikan biasa-biasa saja, mungkin orang akan mengabaikannya.

8. Foto Diri Harus Jelas

Kamu harus benar-benar percaya diri untuk menampilkan foto diri secara jelas. Hal ini digunakan untuk personal branding. Sebab, sering terjadi selebgram yang tidak menampilkan dirinya, malah menjadi korban repost sehingga dia tidak bisa terkenal.

9. Tema Konten

Kamu harus bisa membranding diri dari awal. Kamu akan menjadi karakter seperti apa di instagram? Misalnya menjadi karakter lucu, maka kamu harus membuat konten-konten bernuansa komedi. Begitu juga dengan karakter lainnya.

10. Jangan Pernah Malu

Jangan pernah merasa malu ketika ingin menjadi selegram terkenal. Sebab, ketika kamu malu, maka harapan akan putus di tengah jalan. Kamu harus percaya diri dan berani membagikan videomu ke media sosial. Walaupun akan mendapat hinaan, anggap saja itu sebuah motivasi yang membangun.

Baca juga: 8 Tips Menjadi Entrepreneur Sukses, Ampuh Banget!

11. Cuek dengan Ucapan Netizen

Selain bisa menahan malu, kamu juga harus bisa menahan emosi. Sebab, komentar dari netizen kerap kali mengundang amarah dengan nyinyiran pedas. Sebaiknya kamu tidak menanggapinya. Cuek saja, nanti mereka bakal lelah dengan sendirinya.

12. Mengganti Akun Menjadi Bisnis

Jangan lupa untuk mengganti akun instagram pribadimu menjadi bisnis. Sebab, dengan akun bisnis kamu bisa melihat insight dan menganalisa perkembangan akunmu dari sana. Kamu bisa tahu, konten seperti apa yang diminati dan konten yang seperti apa yang kurang peminat.

13. Menentukan Jadwal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengatur jadwal sangatlah penting. Kamu bisa menentukan jadwal dengan melihat insight dari akun instagrammu. Atau kamu juga bisa bertanya kepada followersmu, tentang jadwal posting yang terbaik.

14. Harus Dekat dengan Followers

Untuk menarik hati followers, kamu harus dekat dengan mereka. Misalnya kamu membalas komentar dengan sopan dan bijaksana, walau itu komentar nyinyir sekalipun. Semakin kamu dekat dengan followersmu, maka semakin membuat mereka nyaman untuk berlama-lama berada di akunmu.

15. Menyajikan Konten yang Up To Date

Tidak lupa juga, kamu harus menyajikan konten yang sedang hot atau viral. Hal ini digunakan supaya menambah followers. Jadi, orang akan semakin penasaran denganmu ketika kamu selalu menyajikan konten yang up to date.

16. Kolaborasi dengan Selebgram Lain

Jika ingin cepat terkenal dan menambah followers, maka kamu harus kolaborasi dengan selegram lainnya. Kamu harus pandai-pandai memilih selebragm untuk diajak kolab, sebab kadang konten yang tidak sesuai membuat followersnya kecewa dan akhirnya unfoll.

17. Selalu Update

Jangan sampai akunmu sepi layaknya kuburan. Usahakan untuk terus update, walau hanya sekedar instastory. Sebab pada dasarnya, banyak followers yang datang ke akunmu untuk melihat perkembangan terkini. Sehingga, jika tidak ada pembaruan maka akan membut mereka kecewa.

18. Buat Sensasi yang Positif

Bukan rahasia lagi jika banyak seleb yang membuat sensasi agar namanya terkenal dan viral. Kamu bisa mengikutinya, tapi dengan syarat, yaitu sensasi positif. Jangan membuat sensasi negatif karena akan membuat karirmu semakin surut.

19. Mengadakan Lomba

Kamu pun bisa mengadakan lomba atau give away. Biasanya, give away dilakukan ketika selebgram merayakan jumlah followersnya yang sudah banyak. Jadi kamu bisa meniru cara ini, hadiahnya tidak perlu muluk-muluk, tapi sesuaikan dengan isi dompetmu.

20. Membuat Konten Tanya Jawab

Ketahuilah, sebenarnya followersmu memiliki banyak pertanyaan yang ingin mereka sampaikan. Maka dari itu, kamu harus memberikan kesempatan bagi mereka untuk menyampaikan pertanyaan tersebut. Dan kamu harus menjawab agar mereka senang.

Baca juga:6 Aplikasi Komik Offline Gratis 2019

21. Jangan Beli Followers

Jangan pernah beli followers, karena itu adalah sebuah kebohongan. Kamu tidak akan mengetahui pasti bagaimana perkembangan akunmu, ketika kamu membeli followers. Selain itu, tidak ada kebanggaan yang didapat ketika kamu mendapatkan sesuatu dengan cara yang instan.

22. Minta Kritik dan Saran

Jangan menjadi pribadi yang mudah puas. Kamu harus sadar bahwa dirimu masih banyak kekurangan. Jadi, usahakan untuk tetap meminta kritik dan saran dari orang yang berpengalaman atau dari followersmu sendiri.

23. Tetap Sederhana

Orang sangat menyukai pribadi yang sederhana. Kamu boleh sombong, tapi sombong dengan karya, jangan menyombongkan diri. Ketika kamu mulai sombong, maka akan ada banyak haters dan orang yang akan membencimu.

24. Menjaga Nama Baik

Ketika kamu sudah mulai naik daun, maka kamu harus sebisa mungkin menjaga nama baik. Sebab, ketika nama baik sudah rusak, maka kamu akan susah untuk memperbaikinya lagi karena sudah membekas di hati orang. Jadi jangan melakukan hal-hal yang berpotensi merusak nama baikmu.

25. Selalu Berdoa

Yang paling penting dan tidak boleh dilupakan adalah kamu harus tetap menjaga doa. Sebab, usaha tanpa doa adalah perbuatan sombong. Kamu harus tetap meminta kepada Tuhan agar apa yang kamu harapkan menjadi kenyataan.

Nah, itulah beberapa tahapan dan cara menjadi selebgram sukses yang bisa kamu coba. Tapi ingat, semua butuh proses dan kesabaran agar kesuksesan bisa didapatkan.

Author  : Maulana Affandi