Setelah sekian lama pacaran dan merasa cocok antara satu sama lain, tentu saja setiap pasangan akan melanjutkan ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan.

Namun, sebelum menikah, ada sebuah proses yang namanya lamaran. Ya, lamaran adalah sebuah prosesi kekeluargaan, di mana pihak lelaki akan meminang pihak perempuan yang biasanya akan diwakili oleh orang tua atau keluarga.

Cara Melamar Calon Istri

Dalam proses melamar, tentu saja tidak semua berjalan lancar. Sebab sampai saat ini banyak yang lamarannya tidak mendapat respon baik, alias ditolak.

Nah, agar lamaran diterima, berikut adalah beberapa tips yang harus dilakukan:

Baca juga: 50 Ide Souvenir Pernikahan yang Murah dan Bermanfaat

1. Mengenal Calon Mertua Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah berkenalan terlebih dahulu ke calon mertua. Jangan tiba-tiba datang untuk melamar jika belum mengenal dengan orang tua ataupun keluarga dari wanita. Kenali dulu, ambil hatinya dengan tingkah laku yang sopan.

2. Memastikan Bahwa Si Wanita Siap untuk Dilamar

Pernah terjadi, pihak perempuan menolak lamaran pria karena anaknya belum siap untuk tunangan, apalagi menikah. Nah, daripada malu-maluin karena ditolak, alangkah baiknya untuk memastikan kepada pihak wanita dan menanyakan kesiapannya untuk dilamar.

3. Memberikan Seserahan

Dalam proses lamaran, ada sebuah tradisi yaitu memberikan seserahan sebagai bentuk pengikat antara kedua belah pihak. Biasanya, seserahan ini berupa cincin. Nah, sebaiknya kamu membawa seserahan, walau tidak mewah. Hal ini bisa sebagai bentuk dari keseriusanmu dalam meminang pihak wanita.

Baca juga: Yuk Buat Desain Undangan Pernikahan dengan 4 Aplikasi ini!

4. Rencanakan Waktu yang Tepat

Dan yang tidak kalah penting juga kamu harus merencakan waktu yang tepat. Kalau bisa rencanakan beberapa minggu atau bulan sebelumnya sehingga pihak wanita bisa bersiap-siap menyambutmu. Jangan mendadak karena hanya menimbulkan kecurigaan dari orang tua wanita.

5. Niat yang Tulus untuk Membahagiakan

Yang terakhir adalah meyakinkan calon mertua bahwa kamu akan tulus menyayangi anaknya. Sebab orang tua pasti khawatir ketika anaknya tidak bahagia. Maka kamu harus bisa meyakinkan jika akan membahagiakan anaknya dengan sepenuh hati.

Baca juga: 5 Arti Mimpi Menikah yang Harus Kamu Ketahui

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebelum melamar calon istri ke orang tuanya. Semoga berhasil ya!