Apakah anak Anda kecanduan game online? Jika benar, Anda perlu membatasi anak agar tidak menghilangkan kecanduannya tersebut. Sebab, kecanduan gadget dapat memberikan dampak negatif bagi anak. Mulai dari rasa malas belajar hingga gangguan kesehatan mata.

Jika tidak ingin itu terjadi, Anda harus mulai membatasi jam bermain gadget dan mengalihkan perhatian mereka dari benda digital ini.

Nah, bagaimana membatasi anak agar tidak kecanduan game atau gadget? Simak informasinya berikut ini.

Baca juga: Nilai Anak Turun di Sekolah? Inilah yang Harus Dilakukan Orang Tua

Cara Ampuh Membatasi Anak Agar Tidak Kecanduan Game Online

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar anak anda mau berpisah dengan gadgetnya.

1. Kamarnya Harus Bebas Gadget

Pastikan kamar anak Anda tidak ada satupun gadget seperti smartphone atau komputer. Kamarnya harus benar-benar tidak ada benda-benda yang membuat mereka terlalu nyaman hingga akhirnya bermalas-malasan.

Jika di kamar ada smartphone atau semacamnya, anak Anda bisa mencuri-curi waktu untuk memainkannya. Jadi, jangan letakkan atau jangan belikan anak-anak smartphone ketika belum waktunya.

2. Manfaatkan Fitur Parental Control

Di dalam smartphone maupun aplikasi, biasanya terdapat fitur parental control. Bahkan di play store pun ada. Nah, manfaatkan fitur tersebut untuk memantau aktivitas anak Anda dalam menggunakan gadget..

Dengan menggunakan fitur tersebut, Anda bisa mengijinkan dan tidak mengijinkan aplikasi serta permainan mana yang boleh dimainkan. Fitur ini juga ada di Youtube, sehingga Anda bisa membatasi apa yang dilihat anak.

3. Berikan Aturan Sebelum Bermain

Saat anak Anda akan meminjam smartphone untuk bermain, berikan aturan dulu. Misalnya dengan membatasi durasi permainan. Terapkan dengan tegas aturan tersebut.

Jika Anda membatasi dalam waktu 1 jam, maka minta dengan tegas smartphone anda setelah 1 jam selesai. Bicarakan baik-baik dengan mereka sampai mengerti. Itulah cara membatasi anak agar tidak kecanduang game ataupun gadget.

4. Ajak Bermain Seru di Luar Rumah

Cara membatasi anak agar tidak kecanduan game online adalah dengan mengajaknya bermain di luar rumah. Buatlah permainan seru yang menarik perhatian mereka.

Kegiatan outbond misalnya, di mana tidak hanya membuat mereka senang, tapi juga memberikan pengetahuan serta kesehatan tubuh. Menurut para ahli, kegiatan outbond bersama dapat menjaga kesehatan serta menjaga hubungan keluarga agar harmonis.

5. Siapkan Kegiatan Menarik Setelah Jam Bermain Game Online Usai

Pastinya, Anda pernah berupaya menghentikan anak agar melepaskan gadgetnya. Tapi, mereka sering mengelak atau tidak mau mendengarkan perkataan Anda.

Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menyiapkan permainan menarik setelah durasi bermain game online habis. Cobalah untuk mengajaknya bermain teka-teki gambar atau olahraga bersama.

Kegiatan yang lebih asyik dapat membuat mereka tertarik dan berhenti memegang HP. Dalam hal ini, Anda harus selalu mendamping mereka saat beraktivitas.

Tapi, jika Anda menggunakan jasa pengasuh, berarti Anda juga harus memberi tahu pada pengasuh tersebut tentang pola asuh anak terhadap game online.

Memang tidak mudah membuat anak mau berhenti bermain game online, tapi dengan kesabaran dan ketelatenan, Anda pasti bisa melakukannya. Buatlah mereka hangat dengan Anda. Terapkan cara membatasi anak agar tidak kecanduan game online di atas untuk kebaikan kehidupan anak Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.