Rumah adalah tempat paling nyaman untuk seorang anak. Sebab di dalam rumah, seorang anak bisa mendapatkan kasih sayang orang tua serta mendapat fasilitas yang dia butuhkan.

Namun, bagaimana jadinya ketika seorang anak tidak betah di rumah? Pernahkah kamu menemui, atau bahkan anakmu merasa bosan dan tidak betah di rumah? Jika benar demikian, maka ada beberapa faktor penyebab anak tidak betah di rumah sendiri.

Walau kegiatan di luar rumah juga bagus untuk perkembangan anak, tapi bagaimanapun juga sudah seharusnya seorang anak lebih betah berada di rumah, daripada di luar.

Dengan begitu, orang tua bisa lebih dekat dan mudah mengawasinya.

Baca juga: 4 Tips Menghadapi Perilaku Anak yang Agresif

Cara Membuat Anak Betah di Rumah

Nah, jika anak tidak betah di rumah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anaknya bisa merasa betah di dalam rumah. Apa saja cara tersebut? Berikut diantaranya:

1. Jangan Kekang Keinginannya

Photo: allaboutkiids.com

Biasanya anak kecil memiliki rasa penasaran yang tinggi dengan hal-hal baru sehingga dia menjadi anak yang aktif dan selalu mencoba.

Nah, saat itulah seharusnya orang tua mendukung dan tidak mengekang. Misalnya anak ingin mencoba masak di dapur, jangan marahi dia karena akan ada dampak buruk memarahi anak.

Tapi awasi sembari ajarkan bagaimana cara memasak yang benar. Dengan begitu dia akan merasa betah di dalam rumah karena imajinasi serta kreativitasnya tidak terkekang.

2. Ajak Bermain Bersama

main bersama anak
Photo: workingmother.com

Salah satu alasan anak tidak betah berada di rumah adalah karena tidak ada teman bermain. Ya, teman sangat penting bagi anak.

Oleh karenanya, orang tua harus bisa menjadi teman terbaik bagi anaknya

Jangan terlalu sibuk dengan urusan pribadi, tapi luangkanlah waktu untuk anak agar dia memiliki teman bermain sehingga dia merasa betah di dalam rumah.

3. Lengkapi Fasilitas Bermainnya

ibu bermain dengan anak
Photo: latrobeuniversitybulletin.com

Sering terjadi, anak suka bermain ke rumah temannya karena dia tidak memiliki mainan yang disukai.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua sudah seharusnya memberi fasilitas bermain bagi anak.

Jangan sampai dia terus ke rumah temannya hanya untuk meminjam permainan yang disukainya.

Selain itu, anak yang tidak punya fasilitas mainan juga pasti merasa sedih. Dia ingin memiliki permainan seperti teman-teman lainnya.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Gagdet

4. Tanyakan Apa Keinginannya

anak curhat ke ibu
Photo: revistavive.com

Ketika mengetahui anak tidak betah di rumah, sudah seharusnya orang tua melakukan pendekatan dan menanyakan alasan kenapa dia tidak betah di rumah.

Dengan begitu, orang tua akan tahu penyebabnya sehingga bisa dicarikan solusi agar anak bisa betah berada di dalam rumah.

Tapi ingat, berbicaralah dengan lembut, jangan membentak apalagi membuatnya takut.

5. Memberi Pemahaman Sejak Dini

anak cium ibu
Photo: notummymommy.com

Yang terakhir dan tak kalah penting adalah orang tua harus bisa memberi pemahaman kepada anak sejak dini.

Tanamkan pemahaman bahwa rumah adalah tempat paling nyaman untuknya sehingga dia akan mengerti dan tidak suka ke luar rumah.

Katakan juga kepada anak bahwa main ke luar rumah juga perlu, tapi harus tahu waktu dan tidak terlalu sering.

Nah, itulah beberapa cara agar anak betah di rumah yang bisa kita lakukan. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Author : Maulana Affandi