Pandemi covid-19 kian menghantui. Bagaimana tidak, virus ini terbilang sebagai virus yang sangat mematikan dan cepat penyebarannya. Terbukti, hingga saat ini, sudah lebih dari 200 negara yang terinfeksi, termasuk Indonesia.

Oleh karenanya, kita harus tahu bagaimana cara menangani virus ini, setidaknya agar tidak mudah tertular. Memang benar, hal paling utama yang harus kita perhatikan adalah perlu lebih memerhatikan kesehatan dan kebersihan tubuh.

Namun, tidak banyak yang mengetahui tentang bagaimana cara menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh untuk mencegah penularan coronavirus berikut ini.

Cara Paling Tepat untuk Mencegah Penularan Coronavirus

1. Rajin Cuci Tangan

cuci tangan
photo: pexels

Meskipun terdengar sepele, mencuci tangan adalah salah satu cara paling efektif untuk menangkal berbagai macam penyakit termasuk coronavirus. Tapi, cuci tangan yang kita lakukan tidak boleh sembarangan. Adapun cara yang benar adalah dengan menggosok seluruh bagian tangan secara merata mulai telapak, jari-jari hingga kuku dengan sabun minimal selama 20 detik. Setelah itu, bilas tangan menggunakan air mengalir hingga semua bekas sabun hilang.

2. Pakai Masker

pakai-masker
photo: pexels

Virus corona adalah virus yang menular lewat percikan (droplet) ludah yang keluar dari mulut. Oleh sebab itu, ketika berdekatan dengan orang lain, kita harus mengenakan masker karena masker berfungsi untuk melindungi diri sendiri dan orang lain agar tidak terkena percikan yang keluar dari mulut, apalagi saat batuk dan bersin. Jika kondisi tubuh sedang sehat, penggunaan masker kain dirasa cukup aman. Namun, jika merasa kurang sehat, maka sebaiknya gunakan masker medis.

3. Hindari Menyentuh Area Wajah

masker corona
photo: pexels

Virus corona bisa masuk ke dalam tubuh lewat membran mukosa yang ada di kelopak mata, hidung, dan mulut. Maka dari itu, jangan terlalu sering menyentuh area wajah apalagi saat kita belum mencuci tangan karena kita tidak tahu apakah di tangan kita sudah terjangkit virus atau tidak. Cara ini setidaknya bisa mengurangi kemungkinan masuknya virus corona ke dalam tubuh.

4. Jaga Jarak dan Hindari Bersentuhan dengan Orang Lain

jaga jarak
photo: pexels

Usahakan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. Hal ini bertujuan agar kita tidak mudah terkena percikan (droplet) ludah orang lain, khususnya saat mereka batuk atau bersin. Selain itu, hindari juga untuk bersentuhan dengan orang lain, misal seperti berjabatan tangan dan berpelukan.

5. Tetap di Rumah

pakai masker
photo: pexels

Selain harus selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter, kita juga sangat disarankan untuk tetap berada di dalam rumah. Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia juga telah menerapkan kebijakan ini dengan menghimbau masyarakat untuk bekerja dan belajar di rumah. Kebijakan ini juga sekaligus untuk memutus rantai virus corona.

Namun, jika terpaksa harus tetap keluar rumah, karena berbagai alasan, maka patuhilah prosedur kesehatan yang berlaku. Beberapa contoh prosedur kesehatan yang harus dipatuhi diantaranya seperti pakai masker, jaga jarak, jangan bersalaman, gunakan hand sanitizer, dan rajin cuci tangan.

6. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

olahraga
photo: pexels

Setiap manusia memiliki sistem imun, namun yang membedakan adalah tingkat kekuatan dari ketahanan tubuh tersebut. Oleh sebab itu, kita harus berusaha meningkatkan daya tahan tubuh. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun, mulai dari konsumsi makanan bergizi, rajin olahraga hingga hindari stres berkepanjangan.

Membiasakan diri menerapkan berbagai cara untuk mencegah penularan virus corona sangat penting dilakukan. Jika kita masih kurang jelas dan ingin berkonsultasi dengan para tenaga medis profesional, maka kita bisa melakukannya melalui aplikasi Halodoc. Kapanpun kita bisa bertanya dengan para dokter yang juga mampu melakukan diagnosis awal terhadap gejala penyakit yang kita rasakan.